Tutup Pagelaran Seni dan Budaya, Wabup Sampaikan Hal Ini

Diskominfotouna – Wakil Bupati Tojo Una-Una, Ilham Lawidu menghadiri sekaligus menutup secara resmi Pagelaran Seni dan Budaya Kabupaten Tojo Una-Una Tahun 2023. di Lapangan EKS- STQ Ampana, Kecamatan Ratolindo, Minggu malam (19/11/2023).

Acara penutupan di awali dengan pertunjukan dan penampilah seni budaya dari sejumlah sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Ampana Kota & Ratolindo.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Asrif dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan masyarakat Kabupaten Tojo Una-una yang konsisten melaksanakan kegiatan ini.

“Pada tahun 2022, kami juga menghadiri kegiatan ini sebagai bentuk kerja sama, komitmen kami mendampingi pemerintah kabupaten dalam pelestarian dan pengembangan bahasa dan sastra daerah, termasuk yang di Kabupaten Tojo Una-una”. Ucap Asrif

Ia juga mengatakan bahwa saat ini sedang berjalan penyusunan kamus Bahasa Ta’a Indonesia.

“Insya Allah, dalam waktu dekat akan segera dilokakaryakan dan diluncurkan”. Ungkapnya

Untuk diketahui, kamus itu merupakan inisiatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tojo Una-una atas dukungan Bupati, penyusunan itu didukung oleh Tim Ahli Perkamusan dari Balai Bahasa Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, Wakil Bupati Tojo Una-una dalam sambutannya sebelum menutup secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Pagelaran seni dan budaya yang telah selesai dilaksanakan memiliki makna yang sangat penting, terutama dalam rangka menjaga dan melestarikan nilai-nilai seni, tradisi dan budaya yang ada di Kabupaten Tojo Una-Una.

“Pagelaran seni dan budaya Tahun 2023 ini merupakan acara syukuran perayaan pasca panen moraa yang telah dilaksanakan di Kecamatan Tojo Barat, Tojo dan Ulubongka sebagai inspirasi karya seni dan budaya”. Jelas Wabup Ilham Lawidu

Selain itu, kata Wabup, pelaksanaan pagelaran seni dan budaya Tahun 2023 yang di laksanakan selama 3 hari ini telah memberikan multi-player effect atau efek ganda pada peningkatan jumlah kunjungan wisata, ditandai dengan adanya peningkatan produktifitas bidang usaha mikro kecil dan menengah.

Diakhir sambutan, Wakil Bupati mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan ivent ini. Ucapan terima kasih pula kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, melalui Balai Pelestarian Kebudayaan Provinsi Sulteng dan Provinsi Sulbar, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Kebudayaan Sulawesi Tengah,  Panitia Penyelenggara, Pihak Kepolisian dan TNI, Dewan Adat Kabupaten dan Kecamatan, Sponsorship, Kontingen Budaya Kabupaten/kota, Kontingen Budaya Kecamatan se-Kabupaten Tojo Una Una, dan seluruh masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una serta semua pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan kegiatan ini.

Sumber : Bid. PIKP – Tim Liputan Diskominfotouna