Kabupaten Tojo Una-Una memiliki potensi daerah yang cukup besar dan dapat dikembangkan untuk meningkatkan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Potensi unggulan tersebut terdiri dari komoditi tanaman pangan, tanaman perkebunan, perikanan, dan pariwisata yang tersebar di seluruh wilayah, baik di wilayah daratan maupun wilayah kepulauan. Komoditi pertanian tanaman pangan di kabupaten Tojo Una-Una terdiri dari berbagai jenis seperti komoditi padi sawah dan padi ladang, jagung, kedelai, kacang tanah, kacau hijau, ubi kayu dan ubi jalar. Komoditi yang menjadi unggulan adalah komoditi jagung dan kedelai. Untuk kedua jenis komoditi ini setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup baik.

Selain tanaman pangan, kabupaten Tojo Una-Una juga kaya dengan tanaman perkebunan. Tanaman perkebunan tersebut merupakan perkebunan yang dikelola oleh masyarakat sendiri atau bisa disebut dengan perkebunan rakyat, adapun jenis tanaman perkebunan tersebut seperti jambu mente, kakao, kopi, cengkeh, kelapa dalam, kelapa hibrida, pala, lada dan nilam. Selain itu, masih banyak ditemukan berbagai spesies tumbuh-tumbuhan berkualitas tinggi seperti kemiri, kenari, rambutan, kulahi, melinjo, leci, aren dan pakis haji. diantara jenis tanaman tersebut yang menjadi komoditi unggulan adalah kelapa. sebab, selama ini masyarakat pada umumnya menjual komoditi kelapa dalam bentuk kopra dan mengolahnya menjadi minyak goreng. Tingkat produksinya pun dapat mencapai 25.235,54 ton pada tahun 2017. Untuk wilayah penghasil terbesar khusus komoditi kelapa adalah kecamatan Ampana Kota, kecamatan Ampana Tete, kecamatan Ratolindo, kecamatan Ulubongka, dan kecamatan Tojo Barat.

Seperti kita ketahui bersama kabupaten Tojo Una-Una termasuk ke dalam wilayah maritim disekitaran Teluk Tomini, maka letak geografis ini memberikan dampak positif bagi sumber daya laut khususnya perikanan. Produksi perikanan tangkap pada tahun 2017 sebesar 10.492,80 ton yang tersebar di 12 wilayah kecamatan. wilayah yang paling banyak menghasilkan produksi perikanan tangkap ini adalah kecamatan Talatako dengan jumlah 1.642 ton, kemudian kecamatan Tojo sebesar 1.604,70 ton, kecamatan Togean 1.369,80 ton dan kecamatan Batudaka 1.272,70 ton. Jenis komoditas unggulan dari perikanan ini diantaranya ikan Kerapu, ikan Boronang, ikan Kuwe, ikan Selar, ikan Cakalang, ikan Tongkol, ikan Tuna ekor kuning, ikan Kerapu, dan ikan Kakap.

Di bidang komoditas peternakan, kabupaten Tojo Una-Una memiliki beragam jenis hewan ternak yang dapat dijadikan andalan untuk dikembangkan menjadi usaha peternakan yang lebih besar. Jenis ternak yang diusahakan oleh masyarakat diantaranya Sapi, Kambing, Ayam Kampung, Ayam Petelur, Ayam Pedaging, dan Kuda. Untuk wilayah terbesar penghasil komoditas peternakan adalah kecamatan Tojo, kecamatan Tojo Barat, kecamatan Ulubongka, kecamatan Ampana Tete, kecamatan Una-Una, dan kecamatan Togean.

Kabupaten Tojo Una-Una memiliki wilayah geografis yang terbentang pada 00 06 56 sampai 020 06 41" dan 121 05 25 sampai 123 06 17. Namun bila ditinjau dari letak astronomis estimasi panjang wilayah Kabupaten Tojo Una-Una yang membujur antara 121 05 25 dan 123 06 17 BT mencapai 212 Km, sedangkan lebarnya yang melintang pada koordinat 00 06 56 dan 020 01 41 LS diperkirakan mencapai jarak sekitar 89 Km.

Berdasarkan posisi di permukaan bumi dan batas wilayah toritorial Kabupaten Tojo Una-Una terletak pada pesisir pantai yang terletak di perairan Teluk Tomini dan kawasan lainnya meliputi kawasan hutan dan lembah pegunungan. Sedangkan dalam wilayah toritorial Kabupaten Tojo Una-Una berbatasan langsng dengan batas-batas wilayah lainnya, seperti sebelah Utara berbatasan langsung dengan dengan Teluk Tomini, Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Utara, kemudian di sebelah Selatan berbatasan langsung dengan Kabupaten Morowali Utara, sedangkan untuk sebelah Timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Banggai dan di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Poso.

Morfologi pegunungan ditunjukan oleh adanya tonjolan-tonjolan yang kasar dan berlereng terjal. Kemiringan lereng di Kabupaten Tojo Una-Una dapat diklasifikasikan antara lain, untuk kemiringan 0-2% atau datar landai, tersebar diseluruh wilayah khususnya kecamatan Ampana Kota dan Kecamatan Ratolindo (hal ini sangat baik untuk dijadikan daerah permukiman dan berbagai jenis usaha), selain itu untuk kemiringan 16-40% atau miring agak curam, tersebar di seluruh kecamatan (penggunaan tanah dengan kemiringan demikian cukup rawan dan kurang baik untuk budidaya pertanian), dan kemiringan di atas 40% merupakan bagian terluas dari wilayah Kabupaten Tojo Una-Una (kondisi tanah tersebut sangat potensial terkena erosi).

Wilayah kabupaten Tojo Una-Una terdiri atas wilayah daratan dan wilayah kepulauan dengan luas wilayah daratan 5.722 km2 dan luas laut 3.566,21 km2 dengan panjang garis pantai + 951,115 km. Dimana wilayah daratan terdiri dari enam kecamatan yang sebagian besar merupakan wilayah pesisir pantai, yakni kecamatan Tojo Barat, kecamatan Tojo, kecamatan Ulubongka, kecamatan Ampana Kota, kecamatan Ratolindo, dan kecamatan Ampana Tete. Sedangkan wilayah kepulauan terdiri pula atas enam kecamatan, yakni kecamatan Batudaka, kecamatan Una-Una, kecamatan Togean, kecamatan Talatako, kecamatan Walea Kepulauan, dan kecamatan Walea Besar. ke enam kecamatan kepulauan tersebut mempunyai gugusan pulau-pulau nan eksotik berjumlah sekitar 81 pulau yang sudah mempunyai nama dan 41 pulau diantaranya sudah berpenghuni. slots

Klimatologi kabupaten Tojo Una-Una dipengaruhi oleh dua musim yang tetap, yakni musim barat dan musim timur dengan iklim tropis, curah hujan untuk wilayah kabupaten Tojo Una-Una berkisar 1.200-4.100 mm/tahun dan temperaturnya berkisar 17-30 oC, sedangkan kelembapan udara antara 74%-82% dengan kecepatan angin berkisar 3-6 knot. Curah hujan yang terjadi di wilayah kabupaten Tojo Una-Una sangat bervariasi.

  

     

Copyright©2020. Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah

Back to Top

Dinas Komunikasi dan Informatika