Kabupaten Tojo Una-Una memiliki potensi daerah yang cukup besar dan dapat dikembangkan untuk meningkatkan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Potensi unggulan tersebut terdiri dari komoditi tanaman pangan, tanaman perkebunan, perikanan, dan pariwisata yang tersebar di seluruh wilayah, baik di wilayah daratan maupun wilayah kepulauan. Komoditi pertanian tanaman pangan di kabupaten Tojo Una-Una terdiri dari berbagai jenis seperti komoditi padi sawah dan padi ladang, jagung, kedelai, kacang tanah, kacau hijau, ubi kayu dan ubi jalar. Komoditi yang menjadi unggulan adalah komoditi jagung dan kedelai. Untuk kedua jenis komoditi ini setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup baik.

Selain tanaman pangan, kabupaten Tojo Una-Una juga kaya dengan tanaman perkebunan. Tanaman perkebunan tersebut merupakan perkebunan yang dikelola oleh masyarakat sendiri atau bisa disebut dengan perkebunan rakyat, adapun jenis tanaman perkebunan tersebut seperti jambu mente, kakao, kopi, cengkeh, kelapa dalam, kelapa hibrida, pala, lada dan nilam. Selain itu, masih banyak ditemukan berbagai spesies tumbuh-tumbuhan berkualitas tinggi seperti kemiri, kenari, rambutan, kulahi, melinjo, leci, aren dan pakis haji. diantara jenis tanaman tersebut yang menjadi komoditi unggulan adalah kelapa. sebab, selama ini masyarakat pada umumnya menjual komoditi kelapa dalam bentuk kopra dan mengolahnya menjadi minyak goreng. Tingkat produksinya pun dapat mencapai 25.235,54 ton pada tahun 2017. Untuk wilayah penghasil terbesar khusus komoditi kelapa adalah kecamatan Ampana Kota, kecamatan Ampana Tete, kecamatan Ratolindo, kecamatan Ulubongka, dan kecamatan Tojo Barat.

Seperti kita ketahui bersama kabupaten Tojo Una-Una termasuk ke dalam wilayah maritim disekitaran Teluk Tomini, maka letak geografis ini memberikan dampak positif bagi sumber daya laut khususnya perikanan. Produksi perikanan tangkap pada tahun 2017 sebesar 10.492,80 ton yang tersebar di 12 wilayah kecamatan. wilayah yang paling banyak menghasilkan produksi perikanan tangkap ini adalah kecamatan Talatako dengan jumlah 1.642 ton, kemudian kecamatan Tojo sebesar 1.604,70 ton, kecamatan Togean 1.369,80 ton dan kecamatan Batudaka 1.272,70 ton. Jenis komoditas unggulan dari perikanan ini diantaranya ikan Kerapu, ikan Boronang, ikan Kuwe, ikan Selar, ikan Cakalang, ikan Tongkol, ikan Tuna ekor kuning, ikan Kerapu, dan ikan Kakap.

Di bidang komoditas peternakan, kabupaten Tojo Una-Una memiliki beragam jenis hewan ternak yang dapat dijadikan andalan untuk dikembangkan menjadi usaha peternakan yang lebih besar. Jenis ternak yang diusahakan oleh masyarakat diantaranya Sapi, Kambing, Ayam Kampung, Ayam Petelur, Ayam Pedaging, dan Kuda. Untuk wilayah terbesar penghasil komoditas peternakan adalah kecamatan Tojo, kecamatan Tojo Barat, kecamatan Ulubongka, kecamatan Ampana Tete, kecamatan Una-Una, dan kecamatan Togean.