Thursday, 25 November 2021 08:21

WAKIL BUPATI PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI PGRI DAN HARI GURU KE-76

Written by
Rate this item
(0 votes)

Diskominfotouna - Wakil Bupati Tojo Una-Una Ilham Lawidu, S.H. memimpin Upacara Peringatan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional Tahun 2021 di Lapangan Bola Kaki Kelurahan Bailo Baru, Kecamatan Ampana Kota, Kamis(25/11/2021)

Pada Upacara tersebut Bapak Ilham Lawidu membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia mengatakan Tahun lalu adalah Tahun yang penuh ujian. Kita semua tersandung dengan adanya pandemi. Guru dari Sabang sampai Merauke terpukul secara Ekonomi, terpukul secara kesehatan dan terpukul secara batin. 

"Guru mau tidak mau mendatangi rumah-rumah pelajar untuk memastikan mereka tidak ketinggalan pelajaran. Guru mau tidak mau mempelajari teknologi yang belum pernah mereka kenal. Guru mau tidak mau menyederhanakan kurikulum untuk memastikan murid mereka tidak belajar di bawah tekanan. Guru di seluruh Indonesia menangis melihat murid mereka semakin hari semakin bosan, kesepian dan kehilangan disiplin. Banyak guru mengalami tekanan ekonomi untuk memperjuangkan keluarga mereka agar bisa "makan".

"Saat saya menginap di rumah Guru Honorer di Lombok Tengah, Saat saya menginap di rumah Guru Penggerak di Yogyakarta, Saat saya menginap bersama Santri di Pesantren di Jawa Timur, saya sama sekali tidak mendengar kata "Putus Asa", ucap Bapak Menteri dalam sambutannya.

"Guru se-Indonesia menginginkan kesempatan yang adil untuk mencapai kesejahteraan yang manusiawi. Guru se-Indonesia menginginkan akses terhadap teknologi dan pelatihan yang relevan dan praktis. Guru se-Indonesia menginginkan kurikulum yang sederhana dan bisa mengakomodasi kemampuan dan bakat murid yang berbeda-beda. Guru se-Indonesia menginginkan pemimpin-pemimpin sekolah mereka berpihak kepada murid, bukan pada birokrasi. Guru se-Indonesia ingin kemerdekaan untuk berinovasi tanpa dijajah oleh keseragaman.

"Selanjutnya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Menyampaikan sejak pertama kali kami cetuskan, Sekarang Merdeka Belajar sudah berubah dari sebuah kebijakan menjadi suatu gerakan yang kuat untuk mencerdaskan kehidupan Bangsa."ucap Wakil Bupati

Diakhir sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang di bacakan oleh bapak Ilham Lawidu, S.H mengucapkan Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua Guru Se-Nusantara atas Pengorbanan dan Ketangguhannya. Merdeka Belajar ini sekarang milik anda.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Perwakilan DPRD Kabupaten Tojo Una-Una Bapak Basrin Mohamad, SE, MM, Wakapolres Kabupaten Tojo Una-Una bapak I Made Dharma, SH, Sekretaris Dikpora Sekaligus Ketua Pengurus PGRI Tojo Una-Una bapak Muhajir Umala, S. Pd, MM, Camat Ampana Kota bapak H.Mohamad Awali, S. Sos, M. Si, Wakapolsek Ampana Kota, Danramil, Kepala Puskesmas Ampana Barat, Para Guru Se-Kecamatan Ampana Kota dan Ratolindo, Lurah dan Kades Se-Kecamatan Ampana Kota, peserta Upacara yang terdiri dari Siswa SD, SMP dan SMA, serta para Guru.

(Apt/Icn)

Read 56 times Last modified on Thursday, 25 November 2021 08:37

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

     

Copyright©2020. Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah

Back to Top

Dinas Komunikasi dan Informatika