Friday, 11 June 2021 03:22

BAPPELITBANGDA Gelar Acara Inovasi Pendampingan Laboratorium Inovasi Kerjasama Dengan LAN RI

Written by
Rate this item
(0 votes)

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, SE., MM membuka acara Pendampingan Laboratorium Inovasi Kabupaten Tojo Una-Una di Ruang Auditorium Bupati Kecamatan Ratolindo, Kamis (10/06/2021. 

Kegiatan tersebut turut di hadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una-Una bapak Gusnar A. Suleman. SE., MM, Plt. Sekertaris Daerah bapak Drs. Moh. Syarif Lasawedi, M.A.P. , Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara ibu Dra. Isti Heriani, M.B.A , Deputi Kajian Kebijakan Dan Inovasi Administrasi Negara bapak Dr. Tri Widodo Utomo, SH., M.A , Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) bapak Muh. Idrus, MT., Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Para Camat serta Kepala Puskesmas se-Kabupaten Tojo Una-Una.

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Bupati menyampaikan Selamat Datang kepada bapak Deputi bersama rombongan di Kabupaten Tojo Una-Una, Bumi Sivia Patuju serta memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak LAN RI yang membantu dan memfasilitasi sepenuhnya Pendampingan Laboratorium Inovasi ini.

Laboratorium Inovasi ini di selenggarakan untuk menciptakan dan melahirkan berbagai Inovasi dan Terobosan yang dapat memberikan manfaat bukan hanya bagi Daerah, akan tetapi juga dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan Bangsa dan Negara.

Terkait dengan Pendamping Laboratorium Inovasi ini, perlu kami sampaikan khususnya kepada semua Pimpinan Perangkat Daerah kita di hadapkan pada enam issu strategis, minimal untuk 5 (lima) Tahun kedepan di Kabupaten Tojo Una-Una, yaitu :

  1. Status Kabupaten Tertinggal dan Angka Presentase Kemiskinan Cukup Tinggi.
  2. Kemampuan Fiskal Yang Rendah Dalam Membiayai Percepatan Pembangunan Daerah.
  3. Aksebilitas Wilayah Masih Sulit dan Ketimpangan Infrastruktur Antara Wilayah Kepulauan dan Daratan.
  4. Kualitas Sumberdaya Manusia dan Daya Saing Yang Masih Rendah.
  5. Belum Optimalnya Pengelolaan Sektor Unggulan Khususnya Pertanian, Perikanan-Kelautan dan Pariwisata.
  6. Belum Optimal Layanan Publik Pemerintahan Daerah.

"Untuk menjawab issu Strategis tersebut, maka VISI dalam RPJMD 2021 - 2026 adalah Mewujudkan Kabupaten Tojo Una-Una Yang Tangguh, Maju Dan Sejahtera. VISI tersebut sejalan dengan VISI Indonesia Maju yang telah digagas oleh bapak Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'aruf Amin. VISI Indonesia Maju tersebut menekankan kepada kita Aparatur Negara untuk merubah paradigma dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam penyelenggaraan Pemerintahan.

"Pemerintah Daerah sangat bersyukur atas bantuan dan dukungan sepenuhnya dari LAN RI atas Pendamping Laboratorium Inovasi ini karena Daerah lain menggunakan APBD mereka masing-masing untuk kegiatan yang sama.

" Bupati dan seluruh masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una menitipkan harapan kepada Kepala LAN RI dan Bapak Deputi Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI agar dapat membantu Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una untuk melakukan kajian khususnya bagaimana mengakomodir Kepulauan Togean di bawah naungan Kebijakan Nasional seperti Kebijakan 10 Bali Baru."ucap Mohammad Lahay

Diakhir Sambutannya Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay mengatakan pada kesempatan ini semoga ALLAH SWT meridhoi segala usaha kita dalam dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui inovasi.

 

PIKP (Apt)

Read 434 times Last modified on Friday, 11 June 2021 03:29

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

     

Copyright©2020. Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah

Back to Top

Dinas Komunikasi dan Informatika