Wednesday, 19 May 2021 00:01

Bupati Tojo Una-Una : "Pemda Berkomitmen Turunkan Angka Stunting 5 Tahun Kedepan"

Written by
Rate this item
(0 votes)

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, SE., MM membuka acara Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Tojo Una-Una di Ruang Rapat Bupati Kecamatan Ratolindo, Selasa (18/05/2021)

Kegiatan tersebut turut di hadiri oleh Perwakilan Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una-Una, Para Asisten, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una serta Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Tojo Una-Una.

"Pada kesempatan ini, dan masih dalam suasana Lebaran, Izinkan Saya atas Nama Pribadi, Keluarga dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Dan Batin". Ucap Bupati Tojo Una-Una mengawali sambutannya. 

"Seperti kita ketahui bersama, persoalan Stunting telah menjadi agenda pembangunan Nasional. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) IV Tahun 2020-2024 yang di canangkan oleh Presiden Joko Widodo mempunyai 7 agenda pembangunan yang salah satunya adalah "Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Yang Berkualitas dan Berdaya Saing" salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas SDM adalah STUNTING atau Gagal Tumbuh (Kerdil).

"Dalam target RPJMN Tahun 2019-2024 disebutkan bahwa Stunting akan diturunkan menjadi 14% pada Tahun 2024. Untuk itu Pemerintah Pusat sejak awal Tahun 2017 telah mengeluarkan kebijakan khusus untuk menanggulangi Stunting di antaranya Peraturan Presiden No. 83 Tahun 2017 tentang Kebijakan Strategis Pangan & Gizi.

"Dari hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Tahun 2018 angka Stunting Kabupaten Tojo Una-Una sebesar 26,1% dan berdasarkan Laporan E-PPBGM Tahun 2020 angka Stunting turun menjadi 22,4%.

"Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una mempunyai komitmen kuat untuk menurunkan angka Stunting dalam kurun waktu 5 Tahun kedepan. Keseriusan Pemerintah Daerah untuk mencegah dan menurunkan angka Stunting telah dimulai sejak Tahun 2019 dimana melalui pertemuan lintas sektor untuk menginstruksikan kepada seluruh Kepala Desa untuk menyediakan anggaran pada bidang kesehatan sebagai upaya menurunkan angka Stunting.

"Bupati mengajak melalui Rembuk Stunting ini agar seluruh Kepala Perangkat Daerah agar mengambil bagian sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam upaya menurunkan angka Stunting di Kabupaten Tojo Una-Una, dan dalam kesempatan ini juga agar diperhatikan program/kegiatan yang akan dimasukkan dalam usulan anggaran Tahun 2022 baik melalui dana DAK maupun APBD termasuk Dana Desa untuk lebih fokus mendukung upaya pencegahan dan penurunan angka Stunting."ucap Mohammad Lahay

Diakhir Sambutannya Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay menyampaikan pada kesempatan ini semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa Meridhoi Usaha kita untuk Membangun Generasi Muda yang lebih berkualitas dimasa depan.

 

PIKP (Apt)

Read 605 times Last modified on Wednesday, 19 May 2021 00:19

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

     

Copyright©2020. Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah

Back to Top

Dinas Komunikasi dan Informatika