Monday, 17 August 2020 15:09

BUPATI TOJO UNA-UNA: BERDAYAKAN SEMUA POTENSI MENUJU TOJO UNA-UNA MAJU, SEJAHTERA, DAN MAKMUR BERSAMA

Written by
Rate this item
(0 votes)

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, SE., MM memimpin Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 75 Tahun 2020 di Halaman Kantor Bupati, Senin (17/08/2020)

Kegiatan tersebut turut di hadiri oleh Wakil Bupati Tojo Una-Una bapak Admin AS. Lasimpala, SIP, Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una-Una bapa H. Mahmud Lahay, SE., M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una bapak Taslim DM. Lasupu, SP., M.Si, Ketua TP-PKK Kabupaten Tojo Una-Una Ibu Femmy Luther Lahay, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tojo Una-Una, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan BUMN/BUMD, Perbankan Se Kabupaten Tojo Una-Una.

Sesuai dengan surat berjenjang  dari Sekretariat Negara dan Kementerian Dalam Negeri, kepada Gubernur dan Bupati/Wali Kota Se Indonesia meskipun dalam suasana Pandemic Covid-19, kita dapat tetap mensyukuri hari kemerdekaan RI ke 75, walaupun dengan upacara sederhana dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan.

"Sebagai refleksi, Pada usia 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ini, Bupati menyampaikan bahwa berkat dukungan seluruh elemen masyarakat, sehingga pada Tahun 2020 ini Kabupaten Tojo Una-Una meraih capaian yang membanggakan diantaranya adalah :

  1. Penghargaan dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) yakni mendapatkan predikat Wajar Tampa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Kabupaten Tojo Una-Una Tahun 2019, untuk ke 8 kali berturut-turut.
  2. Meraih terbaik ke III pada lomba inovasi pada masa pandemic Covid-19 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri dan mendapatkan Penghargaan serta Dana Insentif Daerah Sebesar Rp. 1 Milyar.
  3. Satu-satunya Daerah di Sulawesi Tengah yang sampai saat ini masi kategori Zona Hijau atau Zero Covid-19, ini semua atas kerja keras dan kerja sama semua pihak di Kabupaten Tojo Una-Una.

"Pada kesempatan ini pula Bupati ingin mengutip Point Penting Pidato Presiden pada tanggal 14 Agustus 2020 beberapa hari yang lalu sebagai berikut :

"Sebanyak 215 Negara, tanpa terkecuali, sedang menghadapi masa sulit diterpa Pandemic Covid-19. Dalam catatan WHO, sampai dengan tanggal 13 Agustus kemarin, terdapat lebih dari 20 juta kasus di Dunia, dengan jumlah kematian di Dunia sebanyak 737 Ribu jiwa. Semua Negara, baik Negara Miskin, Negara Berkembang, Termasuk Negara Maju, semuanya sedang mengalami kemunduran karena terpapar Covid-19.

 

"Krisis Perekonomian Dunia juga terparah dalam sejarh. Di kuartal pertama 2020, pertubhan ekonomi Negara kita masi Plus 2,97%, tetapi di kuartal kedua kita minus 5,32%. Ekonomi Negara-negara maju bahkan minus belasan persen, sampai minus 17%. Kemunduran banyak Negara besar ini bisa menjadi peluang dan momentum bagi kita untuk mengejar ketertinggalan. Ibarat Komputer, perekonomian semua negara saat ini sedang macet, sedang mengalami gangguan. Semua Negara harus menjalani proses Mati Komputer sesaat, harus melakukan RE-START, harus melakukan RE-BOOTING. Semua Negara mempunyai kesempatan MEN-SETTING semua sistemnya.

"Sesuai dengan Tema Besar peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia yakni : "INDONESIA MAJU", mari kita berdayakan segala potensi yang ada untuk kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran bersama."ucap Mohammad Lahay

Diakhir Sambutannya Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay mengucapkan terima kasih kepada panitia, petugas upacara atas dedikasinya dan juga kepada seluruh peserta upacara yang telah mengikuti upacara pada hari ini.

PIKP (Apt)

Read 2227 times Last modified on Monday, 17 August 2020 15:23

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

     

Copyright©2020. Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah

Back to Top

Dinas Komunikasi dan Informatika