Monday, 11 May 2020 10:11

BUPATI TOJO UNA-UNA SERAHKAN "BLT" DI EMPAT DESA KEC. ULUBONGKA

Written by
Rate this item
(0 votes)

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, S.E., M.M menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahun Anggaran 2020 yang dilakukan di 4 (empat) desa di kecamatan Ulubongka, Senin (11/05/2020).

Turut hadir mendampingi Bupati pada kegiatan tersebut yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa bapak Moh. Nur Lasupu,S.Pdi, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Camat Ulubongka bersama Kapolsek dan Danramil , Kepala Desa masing-masing, Bhabinkatibmas dan Babinsa serta Tenaga Ahli dan Tenaga Pendamping Desa.

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini diberikan kepada masyarakat kurang mampu ditengah pandemi Covid-19. Langkah ini sebagai bagian dari kebijakan dan respon cepat pemerintah pusat dan daerah guna mengatasi multi dampak Covid-19 di Kabupaten Tojo Una Una.

"Pada Penyaluran perdana BLT dari Dana Desa ini  adalah desa Tampanombo sebanyak 83 Kepala Keluarga, desa Bone Bae II sebanyak 88 Kepala Keluarga, desa Rompi 43 Kepala Keluarga, desa Bongka Makmur sebanyak 56 Kepala Keluarga. Dan masing-masing Kepala Keluarga memperoleh Uang Tunai sebesar Rp. 600.000/bulan. Dan akan disalurkan sampai Juni Mendatang atau Selama 3 Bulan terhitung April, Mei dan Juni 2020."

"Penerima BLT Dana Desa ini terpilih sesuai kriteria yang telah ditentukan, fokus kepada masyarakat kurang mampu ditengah wabah Covid-19 sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Permendes dan PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa yang diinstruksikan pemerintah pusat.

Dalam ketentuannya bagi desa dengan Dana Desa dibawah Rp. 800 juta per tahun akan menggunakan untuk BLT maksimal 25% dari pagu anggaran, untuk Dana Desa Rp. 800 juta sampai Rp 1,2 milyar maksimal di alokasikan sebesar 30%, sedangkan Dana Desa yang mencapai lebih dari Rp. 1,2 Milyar atau lebih Dana Desa tersebut akan di alokasikan sebesar 35% untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT)."

"Selanjutnya untuk kabupaten Tojo Una-Una target penerima BLT Dana Desa sebanyak 20.301 Kepala Keluarga (KK) berdasarkan persentase Dana Desa per desa. 4 kepala desa yang telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini melaporkan bahwa penerima BLT tersebut merupakan hasil musyawarah desa."

"Bupati Tojo Una Una Mohammad Lahay, S.E., M.M menjelaskan Ikhtiar akan terus dilakukan dalam mengatasi permasalahan ekonomi masyarakat. Dalam hal ini pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten Tojo Una-Una berupaya untuk mengatasi permasalahan kesejahteraan masyarakat melalui Dana Desa ditengah pandemi Covid-19."

“Jangan lihat besar/kecilnya bantuan ini, semoga bisa bermanfaat dan dapat dipergunakan sebaik-baiknya, mudah-mudahan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa ini dapat meringankan beban masyarakat ditengah pandemi Covid19, dan kami pemerintah akan terus ada ditengah-tengah masyarakat.” Ujar Bupati. 

Diakhir penyampaiannya Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay juga sangat mengapresiasi seluruh aparat dan masyarakat yang telah terlibat dalam pencegahan penyebaran Covid-19, dan berharap wabah ini akan segera berakhir dan kabupaten Tojo Una-Una akan terus berada pada Zona Hijau atau Zero dari Covid-19. Serta tidak henti-hentinya memberikan himbauan kepada masyarakat agar selalu memakai masker jika keluar rumah, physical distancing, dan terus membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

Sumber : Prokopim

PIKP : Apt

Read 363 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

     

Copyright©2020. Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah

Back to Top

Dinas Komunikasi dan Informatika