Friday, 08 May 2020 01:22

BUPATI TOJO UNA-UNA EVALUASI KINERJA TIM COVID-19

Written by
Rate this item
(0 votes)

Rapat teknis Evaluasi Pelaksanaan Penangan Pencegahan Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19) dipimpin langsung oleh Bupati Tojo Una-Una Mohamad Lahay S.E., M.M di dampingi Sekertaris Daerah Taslim DM. Lasupu S.P., M.T dan para Asisten. Dalam pelaksanaan rapat teknis itu di pandu Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Alfian Matajeng S.Pd., M.AP dihadiri sejumlah OPD teknis dan seluruh Camat di Kabupaten Tojo Una-Una.

         Keseriusan Bupati Tojo Una-Una dalam penangan Covid-19 dibuktikan setelah usai melaksanakan monitoring  di 12 Kecamatan  dan bagi-bagi masker  langsung mengadakan rapat teknis di Hotel Ananda 6 Mei 2020  setelah Tarwih. Asisten Pemkesra Alfian Matajeng menuturkan  bahwa dalam proses penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kab Tojo Una-Una, Pemerintah Daerah oleh Bupati terus melakukan evaluasi kerja-kerja Gugus Tugas Kabupaten, Kecamatan Kelurahan/Desa  sambil menjaring permasalahan dan solusi untuk perbaikan pelaksanaan agar daerah kita terbebas dari pandemi Covid-19 yang berbahaya. Dalam rapat teknis tersebut telah disepakati diantaranya Tidak diperkenankan pedagang selain SEMBAKO masuk di wilayah Tojo Una-Una karena daerah kita sudah terkelilingi oleh daerah yg terpapar Covid-19 baik daerah perbatasan  di darat maupun di laut. Pasien Umum di Puskesmas  Tojo Barat dan Tojo tidak diperkenankan untuk melaksanakan rujukan di RSUD Poso krn sudah ada pasien yang terkonfirmasi Positif Covid-19.

Selanjutnya kata Alfian penegasan Bupati Tojo Una-Una pada posko Malei Tojo berbatasan Desa Malei Lage (Kabupaten Poso), Posko Desa Gandalari berbatas Morowali Utara dan Posko Desa Longge berbatasan Kabupaten Banggai sebagai pintu masuk di darat harus diperketat, demikian pula di pelabuhan tempat masuknya Kapal Tol Laut dan Kapal Fery  pelaku perjalanan wajib ditangani sesuai protokol kesehatan dan datanya  detail "by name by addres" untuk diteruskan ke Tim Gutas Kabupaten yg selanjutnya ke unit  Gugus Tugas Kecamatan dan Kelurahan/Desa dan secara bersama-sama  dilakukan pengawalan dan pemantaun isolasi mandiri  selama 14 hari. Apabila dalam proses isolasi mandiri ada gejala maka segera dilaporkan ke Dinkes/Puskesmas untuk dilaksanakan pelayanan kesehatan. Selanjutnya di Pasar Modern Desa Sansarino dan Pasar Sore Kelurahan Dondo akan segera dibuat posko pintu masuk pasar dengan perlakuan protokol kesehatan dalam melakukan transaksi jual beli. Apapun upaya pemerintah daerah untuk sukses dalam penanganan Covid-19 sangat diharapkan  dukungan masyarakat untuk patuh dan disiplin melaksanakan petunjuk pemerintah pusat dan pemerintah daerah diantaranya penggunaan masker jika beraktifitas diluar rumah, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun setiap bersentuan  dgn benda tutup Alfian Matajeng  selaku pemandu acara pada rapat teknis yang berakhir pukul 01.00 wita dini hari.

Read 173 times Last modified on Friday, 08 May 2020 01:29

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

     

Copyright©2020. Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah

Back to Top

Dinas Komunikasi dan Informatika