Monday, 20 April 2020 12:58

KABUPATEN TOJO UNA-UNA LAKUKAN MUSRENBANG 2021 SECARA "ONLINE (VIDEOCONFERENCE)"

Written by
Rate this item
(0 votes)

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, S.E., M.M membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Tojo Una-Una Tahun Anggaran 2021 di Ruangan Kantor Bupati Kecamatan Ratolindo, Senin (20/04/2020) 

Kegiatan Musrenbang ini turut di ikuti oleh Wakil Bupati Tojo Una-Una Bapak Admin AS. Lasimpala, S.Ip, Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una-Una Bapak Mahmud Lahay, S.E., M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Bapak Taslim DM Lasupu, S.P.,M.T, Kepala BAPPELITBANGDA Kabupaten Tojo Una-Una Bapak Ir. Muh. Idrus M.T, Kepala BAPPEDA Provinsi Sulawesi Tengah, Para Kepala Dinas/Badan Lingkup Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Para Camat Se-kabupaten Tojo Una-Una serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait.

Musrenbang Tahun 2020 ini untuk Perencanaan RKPD Tahun 2021 diselenggarakan secara Online, hal ini mengacu pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor : 440/2552/SJ Tanggal 23 Maret 2020 yaitu kegiatan Musrenbang yang sudah direncanakan agar tetap dilaksanakan dengan melakukan penyesuaian dengan kondisi yang di hadapi terkait dengan penyebaran Covid-19. Kegiatan ini terasa berbeda dengan tahun sebelumnya karena situasi bangsa bahkan diseluruh dunia saat ini sedang dilanda wabah Covid-19 yang mengharuskan Pemerintah membuat instruksi dan himbauan agar Masyarakat menjaga jarak fisik dan meniadakan kegiatan yang dapat mengumpulkan banyak orang atau keramaian.

"Pelaksanaan Musrenbang ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam pengambilan keputusan pada setiap tahap perencanaan yang telah dan akan kita lalui nanti. Berbagai agenda penyelenggaraan  Pemerintahan, baik agenda pembangunan maupun agenda kemasyarakatan senantiasa menjadi tuntunan publik, namum kuta selalu dihadapkan dengan ruang gerak keterbatasan penganggaran setiap Tahun.

"Oleh karena itu, setiap tahun dalam tahapan Penyelenggaraan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kita di tuntut dan wajib menggunakan Empat Pilar Pendekatan Perencanaan Pembangunan yakni Pendekatan Teknokratis, Pendekatan Partisipatif, Pendekatan Politis dan Pendekatan Top-Down dan Botton-Up. Ke-empat pendekatan Perencanaan Pembangunan Daerah tersebut harus benar-benar terintegrasi pendekatannya kedalam sebuah Perencanaan Pembangunan Daerah.

"Mencermati capaian pembangunan Kabupaten Tojo Una-Una khususnya indikator makro masa berakhir periode RPJMD 2016-2021 berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dapat saya sampaikan sebagai berikut :

  • ​Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2018 Sebesar 3,94% mengalami kenaikan signifikan di Tahun 2019 menjadi 5,70%
  • ​Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tahun 2018 sebesar 63,38 Point, mengalami kenaikan di Tahun 2019 menjadi 64,52 Point.
  • ​Prosentase Angka Kemiskinan Tahun 2018 sebesar 18,27%, mengalami penurunan yang signifikan Tahun 2019 menjadi 17,16%
  • ​Tingkat Pengangguran Terbuka Tahun 2018 sebesar 3,74%, mengalami penurunan Tahun 2019 menjadi 2,97%.

Untuk itu Bupati Tojo Una-Una mengajak kepada seluruh kepala perangkat daerah dan Stakeholder terkait agar mempercepat langkah dan memacu kinerja pembangunan daerah Kabupaten Tojo Una-Una diantaranya mempersiapkan Data Perencanaan Pembangunan setiap Perangkat Daerah karena tantangan yang akan kita hadapi semakin berat di Tahun 2021 yaitu dampak dan penanggulangan wabah Covid-19 yang melanda kita saat ini bahkan Dunia Internasiona." Ucap Mohammad Lahay

"Pada kesempatan ini juga Bupati Tojo Una-Una ingin menyampaikan rancangan RKPD perubahan Tahun 2020 untuk penanganan Covid-19 melalui REFOCUSING Anggaran Tahun 2020 ini sebesar 27 (Dua Puluh Tujuh) Milyar Rupiah Dan terus mengalami perubahan sesuai dengan keadaan dan dinamika yang berkembang menyesuaikan dengan petunjuk dan arahan dari Pemerintah Pusat yang diperuntukkan kepada :

  1. ​Belanja Bidang Kesehatan
  2. ​Penyediaan Jaringan Pengaman Sosial
  3. ​Penanganan Dampak Ekonomi

​Oleh karena itu, sekali lagi Bupati Tojo Una-Una menghimbau kepada seluruh peserta Musrenbang mari kita lawan Covid-19 dengan mengikuti Protap dari WHO dengan melakukan PHYSICAL DISTANCING, Mencuci Tangan sesering mungkin, Tinggal Dirumah, Selalu memakai Masker dan Membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat. Semoga Wabah Covid-19 yang melanda kita saat ini segerah berakhir atas Ikhtiar kita dengan izin Allah Subahana Wa Ta'ala.

​Diakhir Sambutannya Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan perhatiannya seluruh peserta Musrembang melalui media Online. Mari secara bersama-sama untuk meraih cita-cita dalam upayah Mensejahterakan Masyarakat guna mewujudkan "TOUNA HEBAT"

PIKP (Apt)

Read 387 times Last modified on Monday, 20 April 2020 13:17

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

     

Copyright©2020. Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah

Back to Top

Dinas Komunikasi dan Informatika