Tuesday, 14 April 2020 02:27

PEMDA TOJO UNA-UNA ALOKASIKAN DANA SEBESAR 27 MILYAR GUNA PENCEGAHAN DAN PENANGANAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19)

Written by
Rate this item
(0 votes)

Diskominfotouna - Konfrensi Pers Perdana Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Tojo Una-Una yang di bacakan langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Bapak Alfian Matajeng, S.Pd., M.A.P (Juru Bicara Tim Gugus Tugas) di Posko Media Center Gugus Tugas Covid-19, Senin (13/04/2020) 

Kegiatan tersebut turut di hadiri oleh Ketua Gugus Tugas Covid-19 Tojo Una-Una Bapak Taufan H. Tandri, M.Ph, Mewakili Kadis Dinas Komunikasi dan Informatika Tojo Una-Una Kabid Bidang PIKP bapak Mirdal Lahami, S.T, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdakab Tojo Una-Una Bapak Darmawan Suaib, S.Sos., M.Si, dan Perwakilan BPBD Tojo Una-Una

Berdasarkan data terbaru tanggal 12 April 2020 pukul 16.00 Wita, terdapat 1.002 Orang Dalam Resiko (ODR), 9 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 3 Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Adapun 3 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 2 orang dinyatakan negatif Covid-19 dan 1 orang dalam proses pemeriksaan Laboratorium.

Bupati Tojo Una-Una yang di wakili oleh bapak Alfian Matajeng menyampaikan dalam rangka pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una telah menetapkan keputusan status siaga darurat non alam akibat wabah Virus Corona sejak tanggal 23 Maret 2020 dan penetapan Gugus Tugas tingkat Kabupaten yang diikuti unit Gugus Tugas Kecamatan, Kelurahan dan Desa. Alhamdulillah semua telah di laksanakan dengan baik walaupun masih ada sebagian kekurangan yang akan terus di perbaiki.

"Selanjutnya, berdasarkan petunjuk dan arahan Bupati Tojo Una-Una kepada kita semua masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una tanpa memandang strata sosial, ekonomi, budaya, jabatan, suku dan agama sebagai satu kesatuan melawan Virus Corona di Kabupaten Tojo Una-Una. Kita semua tanpa terkecuali sebagai Garda Terdepan untuk memutuskan mata rantai Virus Corona".

"Bupati Tojo Una-Una yang di wakili oleh Alfian Matajeng menyampaikan kepada Masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una bahwa Pemerintah Daerah berdasarkan kebijakan Bupati telah MEREFOCUSSING dan MEREALOKASI belanja kegiatan penanganan pencegahan penanganan penyebaran Virus Corona Disiase (Covid-19) sebesar Rp. 27.963.903.763,36 dengan belanja yg terdiri dari :

  1. Belanja Tidak Terduga sebesar Rp 18.542.246.770,00
  2. Belanja yang terdapat pada OPD termasuk yang di Kecamatan/Kelurahan/Desa dan Puskesmas sebesar Rp. 9.421.656.987,36

Adapun anggaran tersebut sebagian telah dibelanjakan yang di peruntukan prioritas penanganan Covid-19 dengan uraian belanja sebagai berikut :

  1. Penanganan Kesehatan Meliputi :
  2. Belanja pengadaan obat dan makanan/minum petugas.
  3. Belanja pengadaan APD, Sanitaizer, dan bahan Disinfektan.
  4. Belanja Akomodasi dan Transportasi, BBM dan Bahan praktik Puskesmas untuk antisipasi penyebaran Covid-19.
  5. Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (Dau Tambahan)
  6. Bantuan Keuangan kepada Desa (DAU/ADD)
  7. Penanganan Dampak Sosial Meliputi :
  8. Pengadaan cadangan pangan daerah dampak Covid-19
  9. Pengadaan alat dan bahan kebersihan bagi fasilitas pelayanan publik dampak Covid-19
  10. Penyediaan Sosial Safety Net/Jaringan Pengaman Meliputi :
  11. Belanja jasa transportasi petugas Pos pengawasan wilayah darat dan kepulauan (Pintu Masuk/Keluar)
  12. Belanja jasa petugas pengamanan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat (baik dirumah sakit maupun di jalan dan tempat umum)
  13. Penerimaan beras selama 2 bulan dari Provinsi Sulawesi Tengah

Sedangkan Pemerintah Daerah atas kebijakan Bupati Tojo Una-Una telah melaksanakan :

  1. Menyediakan fasilitas Balai Latihan Kerja (BLK) yang diperuntukkan bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) penanganan Covid-19 saat ini, saat ini sementara melengkapi kebutuhan fasilitas kamar dan sarana dan prasarana yang rusak serta kebersihan gedung BLK.
  2. Menyediakan lokasi pemakaman korban Covid-19 yang berlokasi di Buntongi kurang lebih 1 Hektar, Kita berharap dan berdo'a di Kabupaten Tojo Una-Una tidak ada Kasus Meninggal korba Covid-19.

Diakhir penyampaiannya Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tojo Una-Una menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una baik secara Individu, Kelompok, Organisasi, Partai Politik dan Tim Gugus Tugas Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan serta Desa yang telah dan akan melaksanakan partisipasinya secara bersama-sama untuk melawan Virus Corona di Kabupaten Tojo Una-Una.

 

#Stay At Home

#Di Rumah Saja

 

PIKP (Apt)

Read 729 times Last modified on Tuesday, 14 April 2020 02:39

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

     

Copyright©2020. Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah

Back to Top

Dinas Komunikasi dan Informatika