Tuesday, 31 March 2020 12:03

BUPATI TOJO UNA-UNA PIMPIN APEL GABUNGAN DALAM RANGKA PENCANANGAN PENANGANAN PENYEBARAN COVID-19

Written by
Rate this item
(0 votes)

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay S.E., M.M memimpin Apel Gabungan TNI, POLRI, Serta Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una dalam rangka Pencanangan Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Perilaku Hidup Sehat serta Melaksanakan Penyemprotan Cairan Disinfektan di wilayah Kabupaten Tojo Una-Una, di Halaman Kantor Bupati Kecamatan Ratolindo, Selasa (31/03/2020)

Dalam kegiatan itu turut hadir Kapolres Tojo Una-Una AKBP Alfreds Ramses Sianipar S.I.K., M.H, Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Taslim DM. Lasupu S.P., M.T, Perwira Penghubung Kodim 1307/Poso Mayor Inf. David M Lunta, Kejaksaan Negeri Tojo Una-Una Samsul Kasim S.H., M.H, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tojo Una-Una Dra. Javanet Alfari M.Ap, Direktur Utama RSUD Ampana dr. Nico, Para Asisten serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Dalam arahannya Bupati Tojo Una-Una menyampaikan upaya/langkah-langkah yang telah di laksanakan Pemerintah Daerah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 sebagai berikut :

  1. Mengeluarkan Surat Edaran tentang pencegahan Covid-19 pada satuan pendidikan yaitu dengan meliburkan kegiatan belajar mengajar dimulai dari tanggal 17 s.d. 30 Maret 2020.
  2. Mengeluarkan Surat Edaran melalui Dinas Pendidikan, Pemudah dan Olahraga Kabupaten Tojo Una-Una tentang kebijakan Dinas Pendidikan Pemudah dan Olahraga dalam hal penyebaran Corona Virus Disease.
  3. Mengeluarkan Surat Edaran tentang himbauan Bupati tentang percepatan penanggulangan penyebaran Wabah/Pademik Corona Virus Disease (Covid-19)
  4. Memangkas jumlah jam kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una.
  5. Membentuk Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Tojo Una-Una
  6. Menginstruksikan agar tidak menggelar acara yang melibatkan orang banyak seperti resepsi pernikahan, konser musik, kegitan olahraga dll.
  7. Melakukan pemantauan terhadap pelaku perjalanan terutama dari daerah yang telah terinfeksi Covid-19.
  8. Melakukan pemantauan harian terhadap orang yang telah di tetapkan sebagai ODP
  9. Melakukan penyemprotan cairan Disinfektan di tempat umum seperti Pasar Tradisional, Pelabuhan, Terminal, Lembaga Pemasyarakatan (LP), Gerai ATM, dsb.
  10. Melakukan promosi kesehatan yaitu dengan penyebarluasan informasi dengan metode Mobile Speaking, Media Elektronik (RRI), Media Cetak (Baliho, Leaflet) dan Sosialisasi di lapas kelas IIB Ampana.
  11. Bekerjasama dengan LSM (Wahana Visi) dalam pencegahan dan penyebarluasan informasi Covid-19
  12. Melakukan revisi anggaran untuk penanggulangan Covid-19
  13. Membentuk posko pemantauan terpadu di pintu masuk Kabupaten Tojo Una-Una desa Malei Tojo
  14. Melakukan screening di pintu masuk pelabuhan laut. 

Sedangkan permasalahan yang di hadapi saat ini adalah :

  1. Kesulitan dalam penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas karena kelangkaan stok di penyedia.
  2. Orang Dengan Resiko dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) tidak patuh dalam melaksanakan Isolasi mandiri.
  3. Kesadaran masyarakat yang kurang untuk melaporkan dirinya ke petugas kesehatan/Call Center Covid-19 setelah pulang dari melaksanakan perjalanan terutama dari daerah terjangkit Virus Corona (Covid-19)
  4. Beberapa orang tidak jujur dalam penyampaian informasi tentang riwayat sakit atau riwayat perjalanannya ke petugas kesehatan.
  5. Masih ada beberapa orang tua murid yang masih membawa anaknya ke pusat-pusat keramaian/tempat rekreasi padahal tujuan sekolah diliburkan agar anak-anak dapat belajar di rumah.
  6. Masih ada sebagian masyarakat yang belum patuh menjalankan Physical Distancing.

Sedangkan himbauan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah adalah sebagai berikut :

  1. Kepada masyarakat dihimbau agar sebelum dan sesudah melakukan aktivitas selalu mencuci tangan, karena tangan merupakan salah satu media penularan.
  2. Untuk toko-toko, minimarket, fasilitas kesehatan, perkantoran dan tempat-tempat umum lainnya agar menyediakan fasilitas tempat cuci tangan bagi pengunjung/konsumen.
  3. Himbauan untuk seluruh Desa/Kelurahan agar membentuk Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)
  4. Selalu melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Diakhir Sambutannya Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay menyampaikan semoga semua berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan dan kita berdo'a kepada Tuhan yang Maha Esa Agar Kabupaten Tojo Una-Una Terbebas Dari Wabah/Pademik Virus Covid -19.

Peliput : Apt/Ds

Read 290 times Last modified on Tuesday, 31 March 2020 12:17

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

     

Copyright©2020. Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah

Back to Top

Dinas Komunikasi dan Informatika