Header

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, S.E., M.M menghadiri Video Conference Pemberian opini WTP untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 yang dinilai telah sesuai dengan standar akuntansi, kecukupan bukti, memiliki sistem pengendalian internal dan taat pada ketentuan perundang-undangan di Ruang Rapat Eksekuti Kantor Bupati, Selasa (16/06/2020).

Pada kegiatan tersebut Ketua BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah menyampaikan keyakinannya bahwa predikat opini WTP yang diraih oleh Pemerintah Daerah ini diperoleh dari upaya sungguh-sungguh seluruh jajaran pemerintahan dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan.

Sementara itu, Bupati Tojo Una-Una yang didaulat untuk Menyampaikan Sambutan oleh BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah menyampaikan bahwa Pemeriksaan oleh BPK RI  merupakan suatu momentum Tahunan yang sangat diperlukan dalam upaya menilai kewajaran dalam pengelolaan Keuangan Suatu Daerah yang menjadi Objek Pemeriksaan.

menurut Bupati dari Aspek pelaksanaan  jalannya pemerintahan, hal ini merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi pemda, untuk melihat sejauh mana kemampuan daerah mengelola keuangan secara tertib dan akuntabel, serta bagaimana upaya untuk melakukan tindak lanjut, evaluasi dan perbaikan terhadap koreksi-koreksi yang dihasilkan, guna tercapainya pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien dan akuntabel.

"Penyerahan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah pada hari ini  merupakan Capaian untuk ke-8 Kalinya secara berturut-turut"

“Hal ini merupakan Prestasi yang membanggakan bagi Pemerintah Daearah Tojo Una-Una masih dapat mempertahankan Predikat WTP selama 8 (delapan) kali berturut-turut, dalam Proses Pengelolaan Keuangan yang merupakan Predikat Tertinggi dalam penilaian Akuntabilitas Pemerintah Daerah. Olehnya itu, melalui kesempatan ini, saya menyampaikan terima kasih kepada Tim Pemeriksa BPK-RI perwakilan Sulawesi Tengah atas bimbingan dan arahan yang diberikan kepada kami selama proses pemeriksaan.”Ucap Bupati

"Bupati juga menambahkan bahwa Predikat WTP bukan dijadikan alasan bagi Pemerintah Daerah untuk berbangga diri, namun dimaknai sebagai upaya untuk lebih berhati-hati serta memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada tahun-tahun berikutnya sehingga dapat menghasilkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang lebih akurat, efektif, efisien dan akuntabel. Terhadap koreksi yang diberikan, Bupati menyampaikan akan terus berupaya menindaklanjutinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku"

Diakhir Sambutannya Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay mengucapkan Terima Kasih kepada seluruh Jajaran Perangkat Daerah di Lingkup  Tojo Una-Una atas kerja keras dan Kerja samanya sehingga Predikat ini mampu dipertahankan, lebih khusus kepada Kepala Perwakilan BPK RI Sulawesi Tengah Bersama Pemeriksa yang telah memberikan Bimbingan dan Arahan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una.

Kegiatan tersebut turut di hadiri oleh Wakil Bupati Tojo Una-Una bapak Admin AS. Lasimpala, S.IP, Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una-Una bapak H. Mahmud Lahay, S.E., M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una bapak Taslim DM. Lasupu, S.P., M.Si, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah ibu Hj. Sovianur Kure, S.E., M.Si Bersama Kepala Perangkat Daerah Lainnya.

Diskominfotouna - Wakil Bupati Tojo Una-Una Bapak Admin AS. Lasimpala, S.IP menghadiri acara Vidio Converence sekaligus Laporan Tentang Kesiapan Pelaksanaan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) XXIV Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020 di Ruang Rapat Eksekutif Kecamatan Ratolindo, Jum'at (05/06/2020)

Dalam kegiatan tersebut turut mengikuti Vidcon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Selaku Ketua Komisi Daerah Lanjut Usia Provinsi Sulawesi Tengah bapak H. Rusli Baco DG Palabi, S.Sos., S.H., M.H, Wakil Bupati se-kabupaten/kota provinsi Sulawesi Tengah, Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una bapak Taslim DM. Lasupu, S.P., M.T, Asisten I serta Sekretaris Dinas Sosial.

"Sesuai Keputusan Komisi Daerah Lanjut Usia dan Pemberdayaan Masyarakat dalam penanganan Lanjut Usia Provinsi Sulawesi Tengah No. 27/KD.LANSIA/PM-ST/II/2019 Tentang penetapan pelaksanaan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) XXIV Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020 dan Wakil Bupati Tojo Una-Una selaku Ketua Komisi Daerah Lanjut Usia kabupaten Tojo Una-Una sebagai Ketua Panitia dan segala bentuk biaya dalam kebutuhan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke XXIV Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020 dibebankan pada pengurus Komisi Daerah Lanjut Usia Kabupaten Tojo Una-Una melalui dana APBD Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Tahun Anggaran 2020.

"Sehubungan dengan hal tersebut di atas maka dengan ini Wakil Bupati Kabupaten Tojo Una-Una Melaporkan bahwa anggaran yang di sediakan untuk kegiatan pelaksanaan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una telah mengalihkan penggunaannya untuk pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19.

Selanjutnya dalam arahan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan rasa hormat kepada orang tua bukan saja bagian dari budaya bangsa lebih dari itu rasa hormat juga sebagai penghargaan atas pengabdian dan kearifan yang telah mereka berikan kepada Keluarga, Masyarakat dan Bangsa Indonesia.

"Banyak ahli mengatakan kelompok umur di atas 60 Tahun lebih rentang terkena Covid-19. Hal tersebut disebabkan karna lansia telah mengalami penurunan akibat progres penuaan kemudian sistim imun sebagai pelindung tubuh pada lansia tidak dapat bekerja dengan maksimal layaknya masih muda.

"Atas dasar tersebut kami melalui Komisi Daerah Lanjut Usia Provinsi Sulawesi Tengah sebagai penanggung jawab pelaksanaan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang XXIV Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020 melalui forum ini sangat mengharapkan masukan dan saran dari bapak/ibu untuk kelanjutan yang telah direncakan secara matang tapi terkendala dengan Pandemi Covid-19.

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kegiatan Hari Lanjut Usia Nasionali (HLUN) XXIV Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020 akan dilaksanakan di Kabupaten Tojo Una-Una pada Tanggal 13 s.d. 16 April Tahun 2020.

"Tetapi kita sebagai Manusia hanya bisa merencanakan, sang haliklah Allah subahana wa ta'ala Tuhan Yang Maha Esa menentukan atas segalanya. Sehingga melalui forum ini kita dapat mewujudkan keputusan bersama demi kebahagiaan para Lanjut Usia."Ucap Rusli Baco DG. Palabi

"Sebelum mengakhiri sambutannya Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah mengajak kepada kita semua terutama dari Keluarga dan Lingkungan Masyarakat kita untuk saling membantu, memberikan dukungan dan perhatian kepada sesama khusus pada Lanjut Usia dengan menciptakan lingkungan yang ramah sehingga mereka nyaman dalam kehidupannya.

Diakhir Sambutannya Wakil Gubernur Sulawesi Tengah selaku Pemerintah Daerah serta Ketua Komisi Daerah Lanjut Usia Provinsi Sulawesi Tengah mengucapkan selamat memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang XXIV Tahun 2020.

#JANGAN MEMAKSAKAN KEHENDAK KEPADA LANSIA SEBELUM MEMAHAMI KEINGINAN LANSIA#.

PIKP : (Apt)

Diskominfotouna - Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una selaku Ketua Harian Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tojo Una-Una Taslim DM Lasupu, S.P., M.T mengikuti Rapat Koordinasi melalui Video Conference dengan Topik Mitigasi Penanganan Covid-19 pada 124 Kabupaten/Kota yang belum terdapat Laporan terjangkit/Pasien Positif Covid-19, di Ruangan Media Center Kantor Bupati, Kecamatan Ratolindo, Kamis (21/05/2020) 

Dalam rapat tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tojo Una-Una Ibu Dra. Javanet Alfari M.Ap dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan bapak Mahdi, S.P., M.Si.

Rapat koordinasi ini di laksanakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Tingkat Nasional, dan diikuti oleh 124 Daerah di Indonesia termasuk  Kabupaten Tojo Una-Una yang merupakan salah satu Daerah yang belum terdapat Pasien Positif Covid-19.

Pelaksanaan Rapat Koordinasi ini dipimpin langsung oleh Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tingkat Nasional, Doni Monardo.

Sumber : Prokopim

PIKP : Apt

Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya Pemerintah dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 di kabupaten Tojo Una-Una, Manager Wahana Visi Indonesia (WVI) Kantor Operasional Kabupaten Tojo Una-Una Andries Kooswinanto serta Pimpinan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Palu Lokadana Utama Cabang Tojo Una-Una menyerahkan Bantuan kepada pemerintah daerah kabupaten Tojo Una-Una yang diterima oleh Bupati Tojo Una-Una MOHAMMAD LAHAY, S.E., M.M bertempat diruang kerja bupati (Senin, 18 Mei 2020)

Pada kesempatan itu Bupati Tojo Una-Una didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tojo Una-Una Dra. Jafanat Alfari, M.A.P, M.Kes, Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM Marni Mangun, S.H dan Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan, Perekonomian dan Pembangunan Herlina Leonita Sandewah, S.H., M.H.

Bantuan dari Wahana Visi Indonesia (WVI) kantor operasional kabupaten Tojo Una-Una secara simbolis berupa 4.500 lembar masker dan 15 liter handsanitizer untuk tahap pertama ke pemerintah daerah kabupaten Tojo Una-Una, kemudian akan dilanjutkan lagi dengan bantuan lainnya seperti 100 set Alat Pelindung Diri (APD) untuk Tenaga Medis, 20 perangkat Cuci Tangan Pakai Sabun, termasuk juga upaya penyadaran masyarakat melalui iklan layanan masyarakat yang disiarkan melalui RRI Ampana.

"Hal ini juga atas penghargaan upaya Bupati Tojo Una-Una sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19 dan Jajarannya, sehingga kita diwilayah kabupaten Tojo Una-Una masih ZERO Covid-19 dan akan tetap Zero sampai pandemi ini berakhir” kata Andries Kooswinanto Manager WVI Tojo Una-Una.

Pada waktu bersamaan juga Pimpinan dan Jajaran Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Palu Lokadana Utama Tojo Una-Una menyerahkan Bantuan untuk Penanggulangan Covid-19 berupa 25 set Baju Pelindung Diri, 25 Masker set beserta Kacamatanya.

“Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Wahana Visi Indonesia (WVI) Kantor Operasional kabupaten Tojo Una-Una dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Palu Lokadana Utama Cabang Tojo Una-Una terhadap kepeduliannya dalam Pencegahan Penyebaran wabah Covid-19 di daerah ini, sehingga memberikan bantuan yang sangat berarti bagi pemerintah daerah khususnya kepada Tenaga Medis sebagai Garda terdepan dalam Penanganan Covid-19.”Ujar Bupati

Sumber : Prokopim Setda Kab. Tojo Una-Una

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una Una Mohammad Lahay, S.E., M.M menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa untuk Tahap 1 Tahun Anggaran 2020 di 4 (empat) desa wilayah kepulauan, yakni desa Olilan kecamatan Walea Kepulauan, desa Kadoda dan desa Malenge kecamatan Talatako serta desa Siatu kecamatan Batudaka, Rabu (13/05/2020)

Sasaran penerima BLT ini adalah keluarga penerima manfaat bukan penerima PKH (Program Keluarga Harapan) atau bukan penerima Bantuan Sosial Pangan APBD II, BLT ini di berikan selama 3 bulan terhitung sejak April sampai Juni 2020 dengan besaran nominalnya Rp. 600.000/bulan per kepala keluarga, dan untuk bulan ini dibayarkan 1 bulan (April), untuk Mei akan dibayarkan secepatnya dan BLT Juni akan dibayarkan pada Juni mendatang.

"Masing-masing jumlah penerima BLT yaitu desa Olilan sebanyak 20 KK, desa Kadoda sebanyak 88 KK, desa Malenge sebanyak 70 KK serta desa Siatu sebanyak 28 KK."

"Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tojo Una-Una  dalam keterangannya menyampaikan kepada penerima BLT di desa-desa lain agar bersabar menunggu proses tahapan pencairan Dana Desa. Dan saat ini sudah 15 Desa yang melakukan penyaluran BLT Dana Desa untuk Tahap 1 (April 2020)."

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa penyerahan BLT sebesar Rp 600 ribu per Kepala Keluarga yang dananya bersumber dari Anggaran Dana Desa ini adalah kali pertama dilaksanakan merupakan bentuk kepedulian pemerintah ditengah-tengah Pandemi Covid-19.

"Selanjutnya Bupati juga tidak henti-hentinya mengajak masyarakat agar terus mengikuti anjuran pemerintah, untuk menjaga jarak, melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, tetap gunakan masker jika keluar rumah."

"Saya berharap dan tentu juga menjadi harapan Kita semua semoga pandemik Covid-19 ini segera berakhir, dan aktifitas semua dapat kembali normal.” Ucap Bupati 

“Kiranya bantuan ini bisa  digunakan dengan baik, sehingga dapat  membantu meringankan beban  hidup masyarakat, di tengah situasi mewabahnya Covid-19,  yang melanda dunia termasuk di kabupaten Tojo Una-Una” tambah Bupati

Pada kesempatan ini turut mendampingi Bupati yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bapak Moh. Nur Lasupu, S.Pdi, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan bapak Mahdi, S.P., M.Si, Kepala Bagian Hukum Aspan P. Taurenta, S.H., Camat, Kapolsek, Danramil serta Kepala Desa masing-masing, Bhabinkatibmas dan Babinsa dan Tenaga Ahli P3MD serta Tenaga Pendamping Desa.

Sumber : Prokopim

PIKP : Apt

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, S.E., M.M menyerahkan Bantuan Sosial Pangan bagi masyarakat dalam rangka Penanggulangan Dampak Covid-19 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tojo Una-Una Tahun Anggaran 2020, yaitu kecamatan Tojo dan kecamatan Tojo Barat, Selasa (12/05/2020).

Turut hadir pada kesempatan tersebut adalah Kepala BULOG Poso, Kapolres Tojo Una-Una yang di wakili oleh  Kabag Ren Polres Tojo Una-Una, Dandim 1307 Poso atau yang mewakili, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepala Bapelitbangda, Plt. Kasat Pol PP, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Inspektur Daerah, Camat dan Kepala Desa se kecamatan Tojo Barat dan Tojo.

Kegiatan diawali dengan laporan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tojo Una-Una bahwa Bansos Pangan untuk kecamatan Tojo Barat mendapatkan bantuan sebanyak 540 KK (Kepala Keluarga) dengan rincian untuk desa Bambalo sebanyak 44 KK, desa Galuga 23 KK, desa Kabalo 23 KK, desa Malei Tojo 13 KK, desa Malewa 27 KK, desa Matako 51 KK, desa Mawomba 34 KK, desa Nggawia 50 KK, desa Tanamawau 42 KK, desa Tatari 27 KK, desa Toliba 17 KK, desa Tombiano 53 KK dan desa Ujungtibu Sebanyak 136 KK. Dengan rincian Beras sebanyak 10.800 Kg, Gula Pasir 2.160 Kg, Minyak Goreng 1.080 Liter dan Telur Ayam sebanyak 23.760 Butir.

"Untuk kecamatan Tojo mendapatkan Bansos Pangan sebanyak 873 KK (Kepala Keluarga) dengan rincian untuk desa Bahari 40 KK, desa Banano 46 KK, desa Betaua 47 KK, desa Buyuntaripa 29 KK, desa Dataran Bugi 35 KK, desa Kalemba 29 KK, desa Korondoda 42 KK, desa Lemoro 80 KK, desa Pancuma 64 KK, desa Podi 40 KK, desa Sandada 73 KK, desa Tayawa 67 KK, desa Tojo 82 KK, desa Tongku 57 KK, desa Uedele 74 KK, desa Uekuli 68 KK. Dengan rincian beras sebanyak 17.460 Kg, Gula Pasir 3.492 Kg, Minyak Goreng 1.746 Liter dan Telur Ayam sebanyak 38. 412 Butir."

"Yang diterima masyarakat hari ini adalah Bansos Pangan selama 2 Bulan yaitu April-Mei 2020 sebesar 20 Kg Beras, 4 Kg Gula pasir, 2 Liter Minyak Goreng dan 44 Butir Telur Ayam, dan untuk Bansos Pangan pada Juni akan diterima pada Juni Juga." Ucap Kadis Dinsos

"Penyaluran Bansos Pangan untuk 10 (sepuluh) kecamatan yang tersisa akan diserahkan secepatnya menunggu penyaluran dari BULOG Poso."

" Selanjutnya kecamatan Tojo Barat diserahkan secara simbolis di Balai Pertemuan Umum kecamatan Tojo Barat, sedangkan untuk kecamatan Tojo di serahkan secara simbolis di kantor Camat Tojo."

"Sementara itu Kepala Bulog Poso Anwar Halid mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una dalam Penyaluran Bansos karena merupakan kabupaten tercepat dan jumlah terbanyak dalam Penyaluran Bansos. “Apresiasi untuk Daerah ini, hanya kabupaten Tojo Una-Una di Sulawesi Tengah menyalurkan Bantuan Sosial Pangan 100 Ton per bulan selama 3 bulan” ucap Kepala Bulog.

Dalam sambutannya Bupati menegaskan agar penerima Bansos Pangan ini diatur dengan sebaik-baiknya dan agar data penerimanya tidak tumpang tindih, penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa  tidak lagi menerima Bantuan Sosial Pangan dikarenakan anggaran yang sangat terbatas dan masih banyak masyarakat yang membutuhkan Bantuan yang belum ter-cover oleh data. 

"Bupati menambahkan bahwa Bansos pangan ini sudah lama dinantikan masyarakat, dan hari ini sudah mulai disalurkan, ini adalah wujud nyata keseriusan pemerintah kabupaten Tojo Una Una dalam membantu ekonomi masyarakat ditengah dampak Covid-19."

Diakhir Sambutannya Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay mengucapkan penyaluran Bantuan-Bantuan ini saya hadiri dan serahkan langsung karena murni sebagai bentuk tanggung jawab saya sebagai Bupati atau Kepala Daerah di wilayah ini untuk memastikan bahwa bantuan ini betul-betul tersalurkan dengan baik dan tepat kepada Masyarakat yang berhak, jadi jangan di politisir. 

Sumber : Prokopim

PIKP : Apt

Diskominfotouna - Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Taslim DM. Lasupu, S.P., M.T melakukan Edukasi kepada Masyarakat terkait Covid-19 melalui publikasi di mobil dan membagikan ratusan masker kepada pedagang yang berada di Pasar Sore kelurahan Dondo kecamatan Ratolindo kabupaten Tojo Una Una, Senin sore (11/05/2020)

Pada kesempatan itu Sekda yang didampingi oleh Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Tojo Un-Una, Pelaksana Tugas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja bersama Personil Polisi Pamong Praja.

Sekretaris Daerah menyampaikan kepada seluruh masyarakat khususnya kepada para pedagang agar terus mengikuti Protokol Kesehatan ketika berada diluar rumah seperti memakai masker, social dan physical distancing. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran pandemic Covid-19 di wilayah kabupaten Tojo Una-Una.

“Dibutuhkan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid19” Ucap Sekda.

 

#LawanCovid19

#TetapJagaJarak

#PakaiMasker

#PatuhiAnjuranPemerintah

 

Sumber : Prokopim

PIKP : Apt

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, S.E., M.M menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahun Anggaran 2020 yang dilakukan di 4 (empat) desa di kecamatan Ulubongka, Senin (11/05/2020).

Turut hadir mendampingi Bupati pada kegiatan tersebut yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa bapak Moh. Nur Lasupu,S.Pdi, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Camat Ulubongka bersama Kapolsek dan Danramil , Kepala Desa masing-masing, Bhabinkatibmas dan Babinsa serta Tenaga Ahli dan Tenaga Pendamping Desa.

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini diberikan kepada masyarakat kurang mampu ditengah pandemi Covid-19. Langkah ini sebagai bagian dari kebijakan dan respon cepat pemerintah pusat dan daerah guna mengatasi multi dampak Covid-19 di Kabupaten Tojo Una Una.

"Pada Penyaluran perdana BLT dari Dana Desa ini  adalah desa Tampanombo sebanyak 83 Kepala Keluarga, desa Bone Bae II sebanyak 88 Kepala Keluarga, desa Rompi 43 Kepala Keluarga, desa Bongka Makmur sebanyak 56 Kepala Keluarga. Dan masing-masing Kepala Keluarga memperoleh Uang Tunai sebesar Rp. 600.000/bulan. Dan akan disalurkan sampai Juni Mendatang atau Selama 3 Bulan terhitung April, Mei dan Juni 2020."

"Penerima BLT Dana Desa ini terpilih sesuai kriteria yang telah ditentukan, fokus kepada masyarakat kurang mampu ditengah wabah Covid-19 sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Permendes dan PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa yang diinstruksikan pemerintah pusat.

Dalam ketentuannya bagi desa dengan Dana Desa dibawah Rp. 800 juta per tahun akan menggunakan untuk BLT maksimal 25% dari pagu anggaran, untuk Dana Desa Rp. 800 juta sampai Rp 1,2 milyar maksimal di alokasikan sebesar 30%, sedangkan Dana Desa yang mencapai lebih dari Rp. 1,2 Milyar atau lebih Dana Desa tersebut akan di alokasikan sebesar 35% untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT)."

"Selanjutnya untuk kabupaten Tojo Una-Una target penerima BLT Dana Desa sebanyak 20.301 Kepala Keluarga (KK) berdasarkan persentase Dana Desa per desa. 4 kepala desa yang telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini melaporkan bahwa penerima BLT tersebut merupakan hasil musyawarah desa."

"Bupati Tojo Una Una Mohammad Lahay, S.E., M.M menjelaskan Ikhtiar akan terus dilakukan dalam mengatasi permasalahan ekonomi masyarakat. Dalam hal ini pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten Tojo Una-Una berupaya untuk mengatasi permasalahan kesejahteraan masyarakat melalui Dana Desa ditengah pandemi Covid-19."

“Jangan lihat besar/kecilnya bantuan ini, semoga bisa bermanfaat dan dapat dipergunakan sebaik-baiknya, mudah-mudahan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa ini dapat meringankan beban masyarakat ditengah pandemi Covid19, dan kami pemerintah akan terus ada ditengah-tengah masyarakat.” Ujar Bupati. 

Diakhir penyampaiannya Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay juga sangat mengapresiasi seluruh aparat dan masyarakat yang telah terlibat dalam pencegahan penyebaran Covid-19, dan berharap wabah ini akan segera berakhir dan kabupaten Tojo Una-Una akan terus berada pada Zona Hijau atau Zero dari Covid-19. Serta tidak henti-hentinya memberikan himbauan kepada masyarakat agar selalu memakai masker jika keluar rumah, physical distancing, dan terus membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

Sumber : Prokopim

PIKP : Apt

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, S.E., M.M melakukan Monitoring Evaluasi di Posko Covid-19 kecamatan Walea Besar tepatnya di desa Pasokan. pada kesempatan ini  Bupati juga membagikan masker ke petugas-petugas Posko Covid-19 yang diterima oleh Camat Walea Besar. Selanjutnya Bupati menuju ke desa-desa lainnya di wilayah kecamatan Walea Besar, Jum'at (08/05/2020).

Dan pada Sabtu 09 Mei 2020 Bupati Melanjutkan Perjalan ke Desa Matobia melakukan monitoring sekaligus pengecekan salah satu warga Desa Matobiai yg baru kembali dari Malaysia, setelah dilakukan pengecekan yang bersangkutan telah menjalani karantina di Pontianak sesuai keterangan dari kepala desa Matobiai dan keluarga yang bersangkutan.

Bupati melihat secara langsung kesiapan Posko pencegahan Covid-19 di beberapa desa di Wilayah Kepulauan.

"Pemerintah Daerah memberikan perhatian penuh dalam upaya pencegahan pandemi Covid-19 ini. Dan kita patut bersyukur  karena sampai dengan saat ini atas perlindungan ALLAH Subahana Wa Ta'ala di kabupaten Tojo Una-Una belum ada kasus positif Covid-19 dan insya ALLAH daerah kita akan tetap "Zero" dari kasus ini.

Oleh karena itu Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, S,E., M.M menghimbau tiap Desa dan Kecamatan di tuntut untuk membenahi serta memberi perhatian penuh pada upaya pencegahan Covid-19.

#LawanCovid19

#JagaJarak

#TetapPakaiMasker

 

Sumber : Prokopim Tojo Una-Una.

PIKP : Apt

Diskominfotouna - Menindaklanjuti Arahan dari Bupati Tojo Una-Una pada Rapat yang dilaksanakan Pada Rabu 6 Mei 2020, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tojo Una-Una bersama Jajarannya bergerak cepat, Pada Kamis 7 Mei 2020 langsung Menuju Gudang BULOG Poso untuk Mengecek Kesiapan Logistik Bansos Sembako APBD  Kabupaten Tojo Una-Una Tahun Anggaran 2020 yang akan di salurkan kepada Masyarakat yang terdampak Covid-19.

Menurut Keterangan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tojo Una-Una bapak Burhanudin, S.Ag., M.Si, bahwa Bansos Sembako ini akan siap disalurkan secara bertahap kepada masyarakat pada Minggu ke 2 Bulan Mei atau akan di Mulai hari Selasa 12 Mei 2020.

Bansos Sembako APBD Kabupaten Tojo Una-Una ini dengan Jumlah 200 Ton Beras, 40 Ton Gula Pasir, 20.000 Liter Minyak Goreng dan 440.000 Butir Telur yang akan dibagikan kepada Masyarakat Penerima Bantuan yang telah terdata pada DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dan dibagikan dalam bentuk Paket Sembako setiap Kepala Keluarga Per paketnya akan mendapatkan 10 Kg Beras, 2 Kg Gula pasir, 1 Liter Minyak Goreng dan 22 Butir Telur Perbulan selama 3 Bulan yaitu Bulan April-Juni 2020.

#LawanCovid19

#PakaiMasker

#TetapJagaJarak

 

Sumber : Prokopim

PIKP : Apt

Page 1 of 3
     

Copyright©2020. Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah

Back to Top

Dinas Komunikasi dan Informatika