Header
Thursday, 10 September 2020 04:18

SURAT EDARAN TENTANG PENYEDIAAN RUANG MENYUSUI

Dalam rangka melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab Pemerintah sebagaimana tercantum dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta merealisasikan visi misi Presiden Republik Indonesia untuk mengintegrasikan nilai-nilai hak asasi manusia kedalam suatu rencana aksi Nasional yang inklusif, Dalam Surat Edaran Nomor 200/2456/SJ tentang Pelaksanaan dan Pelaporan Aksi Hak Asasi Manusia Pemerintah Kabupaten, yang di tetapkan pada 18 Maret 2020, diantarannya melaksanakan Aksi HAM Tahun 2020 yang mencakup : Penyediaan RUANG MENYUSUI yang memadai bagi perempuan bekerja di perkantoran millik Pemerintah Daerah dan Swasta dalam rangka Implementasi UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan pada Pasal 30. Sampai dengan Pasal 32 Peraturan Pemerintah. (Surat Edaran Nomor 640/45/Bag.Hukum)

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, SE., MM meresmikan Gedung Baru Puskesmas Ampana Timur di Desa Sabulira Kecamatan Ratolindo Selasa (18/08/2020)

Kegiatan tersebut turut di hadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una-Una bapa H. Mahmud Lahay, SE., M.Si, Kapolres Tojo Una-Una Bapak AKBP Alfreds Ramses Sianipar, S.I.K., MH, Kepala Dinas Kesehatan ibu Dra. Javanet Alfari M.Ap, Kepala Puskesmas Ampana Timur ibu dr. Diah Devawati, S.Kep, Kepala Desa Sabulira, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat.     

Dalam sambutan Bupati mengatakan bahwa kita patut untuk syukuri bersama, hari ini adalah peresmian Gedung Baru Puskesmas Ampana Timur yang terletak di Desa Sabulira Toba Kecamatan Ratolindo. Peresmian ini merupakan peresmian gedung baru Puskesmas yang di bangun dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019.

"Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una sangat berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat dalam rangka peningkatan sumber daya manusia di Kabupaten Tojo Una-Una. Fasilitas kesehatan yang berstandar menjadi syarat wajib dalam menyediakan pelayanan masyarakat yang berkualitas.

"Gedung baru ini adalah aset yang harus di jaga bersama pemerintah dengan masyarakat karena merupakan fasilitas umum yang di gunakan untuk kepentingan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Ampana Timur. Begitupun terhadap jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten khususnya Kepala Puskesmas dan Staf, Bupati berharap gedung baru yang cukup megah ini dapat menjadi motivasi dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

"Melalui kesempatan ini juga Bupati berharap agar tidak ada lagi kasus Gizi Buruk dan Stunting, tidak ada lagi kematian ibu dan bayi serta persoalan-persoalan kesehatan lainnya. Bupati juga menghimbau kepada masyarakat berperan aktif dalam menjaga kesehatan dengan membiasakan menjaga pola hidup bersih dan sehat.

"Kepada jajaran Puskesmas Ampana Timur agar senantiasa mampu melahirkan kegiatan inovasi dalam upaya menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya, sarat dengan kegiatan promotif dan preventif sebagai upaya kesehatan masyarakat agar masyarakat dapat hidup sehat. Tingkatkan pula kerja sama dengan lintas sektor, jangan lupa dengan sektor swasta, libatkan masyarakat, dan layani pasiennya dengan sepenuh hati."ucap Mohammad Lahay

Diakhir Sambutannya Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay mengucapkan terima kasih kepada jajaran Dinas Kesehatan, Puskesmas Ampana Timur dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, semoga seluruh jerih payah yang dilakukan mendapat berkah dari Allah Subahana wa Ta'ala, Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.

PIKP (Apt)

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, SE., MM memimpin Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 75 Tahun 2020 di Halaman Kantor Bupati, Senin (17/08/2020)

Kegiatan tersebut turut di hadiri oleh Wakil Bupati Tojo Una-Una bapak Admin AS. Lasimpala, SIP, Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una-Una bapa H. Mahmud Lahay, SE., M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una bapak Taslim DM. Lasupu, SP., M.Si, Ketua TP-PKK Kabupaten Tojo Una-Una Ibu Femmy Luther Lahay, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tojo Una-Una, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan BUMN/BUMD, Perbankan Se Kabupaten Tojo Una-Una.

Sesuai dengan surat berjenjang  dari Sekretariat Negara dan Kementerian Dalam Negeri, kepada Gubernur dan Bupati/Wali Kota Se Indonesia meskipun dalam suasana Pandemic Covid-19, kita dapat tetap mensyukuri hari kemerdekaan RI ke 75, walaupun dengan upacara sederhana dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan.

"Sebagai refleksi, Pada usia 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ini, Bupati menyampaikan bahwa berkat dukungan seluruh elemen masyarakat, sehingga pada Tahun 2020 ini Kabupaten Tojo Una-Una meraih capaian yang membanggakan diantaranya adalah :

  1. Penghargaan dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) yakni mendapatkan predikat Wajar Tampa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Kabupaten Tojo Una-Una Tahun 2019, untuk ke 8 kali berturut-turut.
  2. Meraih terbaik ke III pada lomba inovasi pada masa pandemic Covid-19 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri dan mendapatkan Penghargaan serta Dana Insentif Daerah Sebesar Rp. 1 Milyar.
  3. Satu-satunya Daerah di Sulawesi Tengah yang sampai saat ini masi kategori Zona Hijau atau Zero Covid-19, ini semua atas kerja keras dan kerja sama semua pihak di Kabupaten Tojo Una-Una.

"Pada kesempatan ini pula Bupati ingin mengutip Point Penting Pidato Presiden pada tanggal 14 Agustus 2020 beberapa hari yang lalu sebagai berikut :

"Sebanyak 215 Negara, tanpa terkecuali, sedang menghadapi masa sulit diterpa Pandemic Covid-19. Dalam catatan WHO, sampai dengan tanggal 13 Agustus kemarin, terdapat lebih dari 20 juta kasus di Dunia, dengan jumlah kematian di Dunia sebanyak 737 Ribu jiwa. Semua Negara, baik Negara Miskin, Negara Berkembang, Termasuk Negara Maju, semuanya sedang mengalami kemunduran karena terpapar Covid-19.

 

"Krisis Perekonomian Dunia juga terparah dalam sejarh. Di kuartal pertama 2020, pertubhan ekonomi Negara kita masi Plus 2,97%, tetapi di kuartal kedua kita minus 5,32%. Ekonomi Negara-negara maju bahkan minus belasan persen, sampai minus 17%. Kemunduran banyak Negara besar ini bisa menjadi peluang dan momentum bagi kita untuk mengejar ketertinggalan. Ibarat Komputer, perekonomian semua negara saat ini sedang macet, sedang mengalami gangguan. Semua Negara harus menjalani proses Mati Komputer sesaat, harus melakukan RE-START, harus melakukan RE-BOOTING. Semua Negara mempunyai kesempatan MEN-SETTING semua sistemnya.

"Sesuai dengan Tema Besar peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia yakni : "INDONESIA MAJU", mari kita berdayakan segala potensi yang ada untuk kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran bersama."ucap Mohammad Lahay

Diakhir Sambutannya Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay mengucapkan terima kasih kepada panitia, petugas upacara atas dedikasinya dan juga kepada seluruh peserta upacara yang telah mengikuti upacara pada hari ini.

PIKP (Apt)

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, S.E., M.M menghadiri Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kabupaten Tojo Una-Una Tahun 2020 di Marina Cottage, Rabu (15/07/2020)

Kegiatan tersebut turut di hadiri oleh Kasubsi Informasi Intelijen dan Penindakan bapak Arie Vebrian Genhank, S.H, Kepala Urusan Tata Usaha ibu Deitje Hakim, S.H., M.H, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik bapak Sutrisno Lasawedi, S.Sos., M.Si serta Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una.

Sebagaimana kita pahami bersama bahwa pengawasan orang asing merupakan tanggung jawab kita semua, tidak hanya di tumpukan pada kantor imigrasi. Untuk itu, penting untuk kita semua untuk memantapkan sinergitas, jadi tidak hanya keimigrasian tetapi juga unsur-unsur terkait yang ada hubungannya dengan orang asing seperti Polisi, TNI, Kejaksaan perangkat daerah seperti Dukcapil, Pariwisata dan lain-lain.

"Keberadaan orang asing perlu mendapatkan perhatian serius karena terkait dengan bidang keamanan selama ini, keberadaan orang asing rawan terhadap kasus-kasus seperti imigran gelap, perdagangan orang dan peredaran narkoba lintas Negara, ditambah lagi dengan persoalan Negara saat ini adalah penyebaran kasus Covid-19.

"Kabupaten Tojo Una-Una merupakan wilayah pengawasan Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Banggai yang wilayah pengawasannya cukup luas, bukan hanya di wilayah ini saja, untuk itu, dengan keberadaan TIMPORA Kabupaten, dapat membantu tugas kantor imigrasi, mengingat anggota TIMPORA terdiri dari instansi terkait dan memiliki satuan kerja yang terstruktur sampai ke kecamatan seperti Polsek, Koramil bahkan sampai ke Desa melalui Babinsa atau Bhabinkamtibmas.

"Keberadaan tim Pengawasan Orang Asing/TIMPORA sebagai wadah tukar menukar informasi sangatlah penting. Karena di satu sisi, kehadiran orang asing baik sebagai tenaga kerja maupun sebagai investor ataupun wisatawan yang datang dari mancanegara memang diperlukan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pengembangan daerah sesuai dengan azas keimigrasian, namun dampak negatif harus di cermati bermasa."ucap Mohammad Lahay

Diakhir Sambutannya Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay mengucapkan terima kasih dan selamat menjalankan rapat koordinasi, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi bangsa dan daerah yang kita cintai ini.

 

PIKP (Apt)

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, S.E., M.M menghadiri sekaligus melantik dan mengambil Sumpah Calon Pegawai Negeri Sipil menjadi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una Formasi Tahun 2018 di Ruang Auditorium Bupati Kecamatan Ratolindo, Selasa (14/07/2020)

Kegiatan tersebut turut di hadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una-Una bapak H. Mahmud Lahay, S.E., M.Si, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumberdaya Manusia Daerah Kabupaten Tojo Una-Una bapak Drs. Moh. Syarif Lasawedi, M.AP, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tojo Una-Una Ibu Dra. Javanet Alfari, M.AP.

Pegawai Negeri Sipil merupakan Aparatur Negara memiliki arti yang strategis dan mempunyai peran yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

"Untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang bertanggung jawab, maka setiap Pegawai Negeri Sipil atau ASN wajib mengangkat sumpah dan janji menurut agama dan kepercayaan kepada Allah (SWT), Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Pengambilan Sumpah dan Janji aparatur sipil negara ini secara khusus bertujuan dalam rangka membina dan menciptakan pegawai negeri sipil bersih, jujur dan berwibawa serta sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai unsur aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat.

"Adapun jumlah peserta yang di ambil sumpah berdasarkan Surat Keputusan Formasi Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bahwa jatah Kabupaten Tojo Una-Una pada Formasi Tahun 2018 berjumlah 209 orang. Dalam proses selanjutnya 3 orang dinyatakan mengundurkan diri karena alasan pribadi. Sehingga total yang diambil sumpah Formasi Tahun 2018 untuk Kabupaten Tojo Una-Una berjumlah 206 orang yang terdiri dari Tenaga Guru sebanyak 64 orang, Tenaga Kesehatan 114 orang, dan Tenaga Teknis 28 orang.

"Bupati berpesan kepada saudara/saudari Pegawai Negeri Sipil yang pada hari ini telah di lantik dan diambil sumpahnya, kiranya menjadi perhatian kepada kita semua bahwa dalam melaksanakan tugas kita harus mengedepankan Etika Norma, Kejujuran, Keikhlasan dan memiliki rasa tanggung jawab serta terus meningkatkan kemampuan dan kualitas diri dalam arti meningkatkan pengetahuan serta keterampilan guna mendukung tugas pokok dan fungsi dari satuan dan unit kerja masing-masing."ucap Mohammad Lahay

Diakhir Sambutannya Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay mengingatkan kembali bahwa sumpah yang di ucapkan tadi tidak hanya sebatas di lisan saja, tetapi harus di hayati kemudian diterapkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una.

PIKP (Apt)

 

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, S.E., M.M menghadiri Video Conference Pemberian opini WTP untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 yang dinilai telah sesuai dengan standar akuntansi, kecukupan bukti, memiliki sistem pengendalian internal dan taat pada ketentuan perundang-undangan di Ruang Rapat Eksekuti Kantor Bupati, Selasa (16/06/2020).

Pada kegiatan tersebut Ketua BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah menyampaikan keyakinannya bahwa predikat opini WTP yang diraih oleh Pemerintah Daerah ini diperoleh dari upaya sungguh-sungguh seluruh jajaran pemerintahan dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan.

Sementara itu, Bupati Tojo Una-Una yang didaulat untuk Menyampaikan Sambutan oleh BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah menyampaikan bahwa Pemeriksaan oleh BPK RI  merupakan suatu momentum Tahunan yang sangat diperlukan dalam upaya menilai kewajaran dalam pengelolaan Keuangan Suatu Daerah yang menjadi Objek Pemeriksaan.

menurut Bupati dari Aspek pelaksanaan  jalannya pemerintahan, hal ini merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi pemda, untuk melihat sejauh mana kemampuan daerah mengelola keuangan secara tertib dan akuntabel, serta bagaimana upaya untuk melakukan tindak lanjut, evaluasi dan perbaikan terhadap koreksi-koreksi yang dihasilkan, guna tercapainya pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien dan akuntabel.

"Penyerahan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah pada hari ini  merupakan Capaian untuk ke-8 Kalinya secara berturut-turut"

“Hal ini merupakan Prestasi yang membanggakan bagi Pemerintah Daearah Tojo Una-Una masih dapat mempertahankan Predikat WTP selama 8 (delapan) kali berturut-turut, dalam Proses Pengelolaan Keuangan yang merupakan Predikat Tertinggi dalam penilaian Akuntabilitas Pemerintah Daerah. Olehnya itu, melalui kesempatan ini, saya menyampaikan terima kasih kepada Tim Pemeriksa BPK-RI perwakilan Sulawesi Tengah atas bimbingan dan arahan yang diberikan kepada kami selama proses pemeriksaan.”Ucap Bupati

"Bupati juga menambahkan bahwa Predikat WTP bukan dijadikan alasan bagi Pemerintah Daerah untuk berbangga diri, namun dimaknai sebagai upaya untuk lebih berhati-hati serta memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada tahun-tahun berikutnya sehingga dapat menghasilkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang lebih akurat, efektif, efisien dan akuntabel. Terhadap koreksi yang diberikan, Bupati menyampaikan akan terus berupaya menindaklanjutinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku"

Diakhir Sambutannya Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay mengucapkan Terima Kasih kepada seluruh Jajaran Perangkat Daerah di Lingkup  Tojo Una-Una atas kerja keras dan Kerja samanya sehingga Predikat ini mampu dipertahankan, lebih khusus kepada Kepala Perwakilan BPK RI Sulawesi Tengah Bersama Pemeriksa yang telah memberikan Bimbingan dan Arahan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una.

Kegiatan tersebut turut di hadiri oleh Wakil Bupati Tojo Una-Una bapak Admin AS. Lasimpala, S.IP, Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una-Una bapak H. Mahmud Lahay, S.E., M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una bapak Taslim DM. Lasupu, S.P., M.Si, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah ibu Hj. Sovianur Kure, S.E., M.Si Bersama Kepala Perangkat Daerah Lainnya.

Diskominfotouna - Wakil Bupati Tojo Una-Una Bapak Admin AS. Lasimpala, S.IP menghadiri acara Vidio Converence sekaligus Laporan Tentang Kesiapan Pelaksanaan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) XXIV Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020 di Ruang Rapat Eksekutif Kecamatan Ratolindo, Jum'at (05/06/2020)

Dalam kegiatan tersebut turut mengikuti Vidcon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Selaku Ketua Komisi Daerah Lanjut Usia Provinsi Sulawesi Tengah bapak H. Rusli Baco DG Palabi, S.Sos., S.H., M.H, Wakil Bupati se-kabupaten/kota provinsi Sulawesi Tengah, Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una bapak Taslim DM. Lasupu, S.P., M.T, Asisten I serta Sekretaris Dinas Sosial.

"Sesuai Keputusan Komisi Daerah Lanjut Usia dan Pemberdayaan Masyarakat dalam penanganan Lanjut Usia Provinsi Sulawesi Tengah No. 27/KD.LANSIA/PM-ST/II/2019 Tentang penetapan pelaksanaan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) XXIV Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020 dan Wakil Bupati Tojo Una-Una selaku Ketua Komisi Daerah Lanjut Usia kabupaten Tojo Una-Una sebagai Ketua Panitia dan segala bentuk biaya dalam kebutuhan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke XXIV Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020 dibebankan pada pengurus Komisi Daerah Lanjut Usia Kabupaten Tojo Una-Una melalui dana APBD Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Tahun Anggaran 2020.

"Sehubungan dengan hal tersebut di atas maka dengan ini Wakil Bupati Kabupaten Tojo Una-Una Melaporkan bahwa anggaran yang di sediakan untuk kegiatan pelaksanaan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una telah mengalihkan penggunaannya untuk pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19.

Selanjutnya dalam arahan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan rasa hormat kepada orang tua bukan saja bagian dari budaya bangsa lebih dari itu rasa hormat juga sebagai penghargaan atas pengabdian dan kearifan yang telah mereka berikan kepada Keluarga, Masyarakat dan Bangsa Indonesia.

"Banyak ahli mengatakan kelompok umur di atas 60 Tahun lebih rentang terkena Covid-19. Hal tersebut disebabkan karna lansia telah mengalami penurunan akibat progres penuaan kemudian sistim imun sebagai pelindung tubuh pada lansia tidak dapat bekerja dengan maksimal layaknya masih muda.

"Atas dasar tersebut kami melalui Komisi Daerah Lanjut Usia Provinsi Sulawesi Tengah sebagai penanggung jawab pelaksanaan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang XXIV Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020 melalui forum ini sangat mengharapkan masukan dan saran dari bapak/ibu untuk kelanjutan yang telah direncakan secara matang tapi terkendala dengan Pandemi Covid-19.

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kegiatan Hari Lanjut Usia Nasionali (HLUN) XXIV Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020 akan dilaksanakan di Kabupaten Tojo Una-Una pada Tanggal 13 s.d. 16 April Tahun 2020.

"Tetapi kita sebagai Manusia hanya bisa merencanakan, sang haliklah Allah subahana wa ta'ala Tuhan Yang Maha Esa menentukan atas segalanya. Sehingga melalui forum ini kita dapat mewujudkan keputusan bersama demi kebahagiaan para Lanjut Usia."Ucap Rusli Baco DG. Palabi

"Sebelum mengakhiri sambutannya Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah mengajak kepada kita semua terutama dari Keluarga dan Lingkungan Masyarakat kita untuk saling membantu, memberikan dukungan dan perhatian kepada sesama khusus pada Lanjut Usia dengan menciptakan lingkungan yang ramah sehingga mereka nyaman dalam kehidupannya.

Diakhir Sambutannya Wakil Gubernur Sulawesi Tengah selaku Pemerintah Daerah serta Ketua Komisi Daerah Lanjut Usia Provinsi Sulawesi Tengah mengucapkan selamat memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang XXIV Tahun 2020.

#JANGAN MEMAKSAKAN KEHENDAK KEPADA LANSIA SEBELUM MEMAHAMI KEINGINAN LANSIA#.

PIKP : (Apt)

Diskominfotouna - Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una selaku Ketua Harian Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tojo Una-Una Taslim DM Lasupu, S.P., M.T mengikuti Rapat Koordinasi melalui Video Conference dengan Topik Mitigasi Penanganan Covid-19 pada 124 Kabupaten/Kota yang belum terdapat Laporan terjangkit/Pasien Positif Covid-19, di Ruangan Media Center Kantor Bupati, Kecamatan Ratolindo, Kamis (21/05/2020) 

Dalam rapat tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tojo Una-Una Ibu Dra. Javanet Alfari M.Ap dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan bapak Mahdi, S.P., M.Si.

Rapat koordinasi ini di laksanakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Tingkat Nasional, dan diikuti oleh 124 Daerah di Indonesia termasuk  Kabupaten Tojo Una-Una yang merupakan salah satu Daerah yang belum terdapat Pasien Positif Covid-19.

Pelaksanaan Rapat Koordinasi ini dipimpin langsung oleh Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tingkat Nasional, Doni Monardo.

Sumber : Prokopim

PIKP : Apt

Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya Pemerintah dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 di kabupaten Tojo Una-Una, Manager Wahana Visi Indonesia (WVI) Kantor Operasional Kabupaten Tojo Una-Una Andries Kooswinanto serta Pimpinan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Palu Lokadana Utama Cabang Tojo Una-Una menyerahkan Bantuan kepada pemerintah daerah kabupaten Tojo Una-Una yang diterima oleh Bupati Tojo Una-Una MOHAMMAD LAHAY, S.E., M.M bertempat diruang kerja bupati (Senin, 18 Mei 2020)

Pada kesempatan itu Bupati Tojo Una-Una didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tojo Una-Una Dra. Jafanat Alfari, M.A.P, M.Kes, Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM Marni Mangun, S.H dan Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan, Perekonomian dan Pembangunan Herlina Leonita Sandewah, S.H., M.H.

Bantuan dari Wahana Visi Indonesia (WVI) kantor operasional kabupaten Tojo Una-Una secara simbolis berupa 4.500 lembar masker dan 15 liter handsanitizer untuk tahap pertama ke pemerintah daerah kabupaten Tojo Una-Una, kemudian akan dilanjutkan lagi dengan bantuan lainnya seperti 100 set Alat Pelindung Diri (APD) untuk Tenaga Medis, 20 perangkat Cuci Tangan Pakai Sabun, termasuk juga upaya penyadaran masyarakat melalui iklan layanan masyarakat yang disiarkan melalui RRI Ampana.

"Hal ini juga atas penghargaan upaya Bupati Tojo Una-Una sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19 dan Jajarannya, sehingga kita diwilayah kabupaten Tojo Una-Una masih ZERO Covid-19 dan akan tetap Zero sampai pandemi ini berakhir” kata Andries Kooswinanto Manager WVI Tojo Una-Una.

Pada waktu bersamaan juga Pimpinan dan Jajaran Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Palu Lokadana Utama Tojo Una-Una menyerahkan Bantuan untuk Penanggulangan Covid-19 berupa 25 set Baju Pelindung Diri, 25 Masker set beserta Kacamatanya.

“Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Wahana Visi Indonesia (WVI) Kantor Operasional kabupaten Tojo Una-Una dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Palu Lokadana Utama Cabang Tojo Una-Una terhadap kepeduliannya dalam Pencegahan Penyebaran wabah Covid-19 di daerah ini, sehingga memberikan bantuan yang sangat berarti bagi pemerintah daerah khususnya kepada Tenaga Medis sebagai Garda terdepan dalam Penanganan Covid-19.”Ujar Bupati

Sumber : Prokopim Setda Kab. Tojo Una-Una

Diskominfotouna - Bupati Tojo Una Una Mohammad Lahay, S.E., M.M menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa untuk Tahap 1 Tahun Anggaran 2020 di 4 (empat) desa wilayah kepulauan, yakni desa Olilan kecamatan Walea Kepulauan, desa Kadoda dan desa Malenge kecamatan Talatako serta desa Siatu kecamatan Batudaka, Rabu (13/05/2020)

Sasaran penerima BLT ini adalah keluarga penerima manfaat bukan penerima PKH (Program Keluarga Harapan) atau bukan penerima Bantuan Sosial Pangan APBD II, BLT ini di berikan selama 3 bulan terhitung sejak April sampai Juni 2020 dengan besaran nominalnya Rp. 600.000/bulan per kepala keluarga, dan untuk bulan ini dibayarkan 1 bulan (April), untuk Mei akan dibayarkan secepatnya dan BLT Juni akan dibayarkan pada Juni mendatang.

"Masing-masing jumlah penerima BLT yaitu desa Olilan sebanyak 20 KK, desa Kadoda sebanyak 88 KK, desa Malenge sebanyak 70 KK serta desa Siatu sebanyak 28 KK."

"Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tojo Una-Una  dalam keterangannya menyampaikan kepada penerima BLT di desa-desa lain agar bersabar menunggu proses tahapan pencairan Dana Desa. Dan saat ini sudah 15 Desa yang melakukan penyaluran BLT Dana Desa untuk Tahap 1 (April 2020)."

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa penyerahan BLT sebesar Rp 600 ribu per Kepala Keluarga yang dananya bersumber dari Anggaran Dana Desa ini adalah kali pertama dilaksanakan merupakan bentuk kepedulian pemerintah ditengah-tengah Pandemi Covid-19.

"Selanjutnya Bupati juga tidak henti-hentinya mengajak masyarakat agar terus mengikuti anjuran pemerintah, untuk menjaga jarak, melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, tetap gunakan masker jika keluar rumah."

"Saya berharap dan tentu juga menjadi harapan Kita semua semoga pandemik Covid-19 ini segera berakhir, dan aktifitas semua dapat kembali normal.” Ucap Bupati 

“Kiranya bantuan ini bisa  digunakan dengan baik, sehingga dapat  membantu meringankan beban  hidup masyarakat, di tengah situasi mewabahnya Covid-19,  yang melanda dunia termasuk di kabupaten Tojo Una-Una” tambah Bupati

Pada kesempatan ini turut mendampingi Bupati yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bapak Moh. Nur Lasupu, S.Pdi, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan bapak Mahdi, S.P., M.Si, Kepala Bagian Hukum Aspan P. Taurenta, S.H., Camat, Kapolsek, Danramil serta Kepala Desa masing-masing, Bhabinkatibmas dan Babinsa dan Tenaga Ahli P3MD serta Tenaga Pendamping Desa.

Sumber : Prokopim

PIKP : Apt

Page 1 of 3
     

Copyright©2020. Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah

Back to Top

Dinas Komunikasi dan Informatika